115 Napi Rutan Kelas IIB Makale Terima Remisi Saat HUT RI Ke – 74

536
0
Upacara pemberian remisi HUT RI ke - 74 di Rutan Klas IIB Makale, Tana Toraja, Sabtu (17/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja –Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hari yang paling ditunggu oleh setiap warga binaan pemasyarakat (WBP) diseluruh Indonesia.

Hal yang sama dirasakan ratusan penghuni RRumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Makale Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu (17/8/2019).

Pemberian remisi ini dilaksanakan saat upacara peringatan HUT RI ke-74 digelar di Rutan Makale, Tana Toraja, yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Viktor Datuan Batara.

Dalam laporannya Kepala Rutan Makale Klas IIB Makale Luther Patandung SH, MH, menyampaika untuk HUT ke-74 RI, 115 WBP yang Terdiri dari narapidana dan anak pidana  penghuni Rutan Makale akan mendapatkan remisi atau pengurangan masa Tahanan.
Remisi yang diterima 113 orang napi Rutan Makale merupakan remisi umum dalam rangka HUT RI.

Wakil Bupati Tana Toraja didampingi Luther Toding Patandung, SH,MH menyerahkan Remisi Umum kepada Narapidana dan anak pidana pada Rutan Kelas IIB Makale Pada Upacara HUT RI Ke 74 dari jumlah penghuni 193 orang, dan yang memperoleh Remisi Umum sebanyak 115 orang.

Jumlah pengurangan berpariasi antara lain Ada satu sampai enam bulan.

Adapun syarat WBP mendapatkan remisi yakni harus berkelakuan baik selama menjalani pidana paling sedikit enam bulan dan bagi anak paling kurang tiga bulan.

Bersedia menjadi justice Collaborator bagi Narapida terkait PP 99 Thn 2012, Telah membayar denda sesuai putusan pengadilan bagi yang terkait PP 99 Thn 2012.

Selain itu ada enam narapidana yang juga dinyatakan bebas, yakni

Pada kegiatan Penyerahan Remisi ini Wabup Tana Toraja Victor Datuan Batara juga menyamarkan Satyalencana karya Satya 10 Thn kepada satu pegawai Rutan Klas IIB Makale.

Wabup Tana Toraja juga menerima hasil karya Warga Binaan berupa soufinir rumah adat Toraja hasil karya Warga Binaan yg diserahkan langsung oleh kepala Rutan Makale.

Saat ditemui seusai upacara pemberian remisi ini Kepala Rutan Klas IIB Makale Luther Patandung mengungkapkan remisi umum ini merupakan hak semua napi. Namun demikian, tentu ada klasifikasi yang harus dipenuhi, salah satunya harus berkelakuan baik selama menjalani hukuman serta sudah menjalani hukuman diatas 6 bulan

“Dengan pemberian remisi pada warga binaan tersebut, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para warga binaan, dan sebagai momentun introspeksi diri mereka masing-masing,” ungkap Karutan Makale ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here