125 Orang Ikuti Gelar Kirab Bendera Merah Putih Sepanjang 50 Kilometer Di Tana Toraja

564
0
Kirab bendera Pemkab Tana Toraja, Kamis (15/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Ratusan Peserta dari berbagai instansi dan oraganisasi pemuda di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan menggelar Kirab Merah Putih dengan rute sepanjang 50 kilometer. Kirab dimulai dari Plaza Kolam Makale hingga Lokasi upacara Proklamasi di Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja, Kanis (15/8/2019).

Dalam laporannya Ketua Panitia dengan tajuk Gebyar Kebangsaan, Alipius Tandiarrang, yang juga Kepala Kantor Kesbangpol Tana Toraja melaporkan sebanyak 125 peserta ikut dalam kegiatan kirab bendera dalam rangka HUT RI ke – 74.

“Kirab bendera Merah Putih merupakan rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI ke – 74, dimana peserta kirab, terdiri dari Satpol PP, Kelompok Pencinta Alam, dan TNI-Polri. Kirab bendera Merah Putih menjadi momentum meningkatkan rasa nasionalisme pemuda dan pemudi,” kata Alipius Tandiarrang.

Sementara Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, dalam sambutannya sebelum melepas peserta ini mengatakan kirab itu untuk menumbuhkan kembali nasionalisme para pemuda pemudi terhadap bangsa dan negara.

“Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-71 RI ini, mari kita tumbuhkan kembali semangat nasionalisme untuk NKRI,” ujar Nicodemus Biringkanae

Bupati Tana Toraja ini mengharapkan peserta melakukan kirab dengan semangat, gembira, dan tertib mulai dari start hingga finish. Ia juga mengimbau untuk memperhatikan keselamatan dan ketertiban selama kirab bendera Merah Putih.

“Saya mengingatkan agar bersikap baik dan memperlakukan bendara Merah Putih dengan baik, dan menegaskan untuk tidak bermain-main karena sang saka diraih dengan semangat juang yang tinggi dan bernilai pengorbanan,” ungkap Bupati Tana Toraja.

Bendera sepanjang 45 meter dikirab selama tiga hari perjalanan, dan akan diterima Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara sebelum upacara detik – detik proklamasi ke – 74 dimulai, Sabtu (17/8/2018) lusa.

Hadir pada kegiatan ini Wabup Tana Toraja Victor Datuan Batara, Sekda Tana Toraja, Wakapolres Tana Toraja, dan para Pimpinan OPD Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here