132 Warga Kelurahan Tongko Sarapung Di Tana Toraja Minum Air Yang Mengandung Bakteri

1053
0

Updatekareba.Com, Toraja – Sumber air bersih untuk dipakai kebutuhan hidup warga Kelurahan Tongko Sarapung, Kecamatan Sangalla, Tana Toraja, mengandung Bakteri Caliform.

“Saya Bersama Kepala Puskesmas Kondoran Kecamatan Sangalla’ mengunjungi sumber air kebutuhan rumah tangga masyarakat Kelurahan Tongko Sarapung Lingkungan Tongko dimana hasil Laboratorium PKA menunjukkan Total Bakteri Caliform membolehkan kadar maksimal 50, sementara hasil pemerikasaan mencapai 93, pada angka ini dinyatakan air ini tidak Memenuhi Syarat untuk dikomsumsi,” ujar Lurah Tongko Sarapung, Saba’ Sombolinggi, Minggu (10/2/2019) sore.

Data penduduk yang mengkomsumsi sumber air beracun ini sebanyak 24 kepala rumah tangga, atau terdiri dari 132 jiwa yang mengkomsumsi air ini.

” Menurut masyarakat sudah berpuluh tahun mereka menggunakan sebagai kebutuhan rumah tangga dan baru kali ini dilakukan pemeriksaan,” ungkap Saba.

Saba’ langsung mengambil inisiatif bersama petugas dari Puskesmas Kondoran untuk memeriksakan kembali ke Laboratorium air ini.

Dalam kunjungan ini Kepala Puskesmas Dokter Mardaria Patioran memberikan penjelasan tentang hasil laboratorium juga dampak terhadap kesehatan apabila masih tetap dikomsumsi.

“Menurut masyarakat kalau musim hujan mereka membeli air galon buat minum dan masak
Sedangkan buat mandi saja gatal-gatal keluh mereka,” terang Saba.

Sementara PDAM Tana Toraja menjelaskan prosedurnya melalui usulan Musrembangan untuk Pengembangan jaringan air minum.

“Masyarakat berharap perhatian pemerintah untuk bisa disambungkan pipa dari PDAM kabupaten Tana Toraja. Jarak titik terakhir jaringan pipa PDAM dari tempat pemukiman ini 250 meter”, tambah Saba.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here