14 Kepala Desa di Regional 4 Toraja Utara Serbu Bursa Inovasi Desa

744
0
Kepala DPML dan Koorfinator TIK Toraja Utara, Rita Rasinan.

Updatekareba.Com, Toraja – Sebanyak 13 kepala Lembang /Desa tumpah ruah di Aula Kantor Camat Rindingallo, Pangala’, Toraja Utara untuk menyaksikan kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dilakukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Regional 4 wilayah Toraja Utara di , Jumat (2/8/2019).

Suasana ramai di kantor Camat sudah terasa sejak sepanjang Jalan yang menuju kantor Camat ini dimana penuh dengan kendaraan dinas berplat merah yang parkir di pinggir jalan.

Bursa Inovasi Desa yang diselanggaran TPID Regional 4 Toraja Utara itu terdiri dari Kecamatan Rindingallo, Awan Rantekarua, dan Baruppu.

Dengan kategori Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Bidang Kewirausahaan dan Bidang Infrastruktur yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi Desa di Tingkat Kabupaten Toraja Utara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Lembanga (DPML) Kabupaten Toraja Utara Rita Rasinan sekaligus Koordinator TIK Toraja Utara berharap, hasil dari pada kegiatan Bursa Inovasi Desa Tahun 2019 oleh TPID Regional 4 Toraja Utara dapat diserap oleh masing-masing kepala desa. Untuk kemudian dimunculkan pada Tahun 2020. Sehingga dapat memaksimalkan Dana Desa (DD) menjadi lebih efektif dan efisien.

Bursa inovasi desa di Region 4 Toraja Utara, Jumat (2/8/2019).

“Berharap Bursa Inovasi Desa tahun ini dapat ditiru oleh ibu dan bapak kuwu untuk diimplementasikan pada Tahun 2020. Sehingga penggunaan dana DD ini bisa lebih efektif dan efisien apakah itu penerapan bidang infrastruktur, SDM maupun Kewirausahaannya sesuai dengan kondisi alamnya masing-masing,” kata Rita Rasinan.

Menurutnya, Kepala Lembang harus mampu memiliki inovasi Lembang/desa sesuai dengan permaslahan disetiap wilayah dengan dikemas melalui Rencana Kegiatan Pembangunan Lembang (RKPL) pada Tahun 2020. Sehingga pemanfaatan DD semakin tahun semakin dimaksimalkan dengan baik dan tepat sasaran melalui Bursa Inovasi Desa.

“Hasil kegiatan Bursa Inovasi Desa ini nantinya kepala lembang akan di tindak lanjuti melalui kegiatan musyawarah penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Lembang (RKPL) untuk Tahun 2020. Sehingga di dalam penyusunan RKPLtersebut wajib mengimplementasikan Inovasi Desa,” tambahnya.

Bursa Inovasi Desa 2019 Region 4 ini yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi desa di tiga Kecamatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan Agenda Nawa Cita dalam RPJMN 2015-2019, yang bertujuan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan didanai oleh Dana Desa.

Salah satu Pendamping Desa tingkat Kabupaten Toraja Utara Tegas, menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut yakni mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa/Lembang secara khusus menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Lembang. memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Lembang – Lembang dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here