15 Juli KPU Tana Toraja Mulai Coklit Data Pemilih Pilkada 2020

258
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja akan mulai melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih pada tanggal 15 Juli 2020 hingga 13 Agustus 2020, yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Hal ini disampaikan Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa, kepada Updatekareba.Com, Rabu (7/7/2020).

“Tahap Coklit data pemilih berlangsung satu bulan dari 15 Juli 2020 sampai dengan 13 Agustus 2020,” kata dia.

Ia mengatakan, tujuan dari Coklit adalah untuk pedaftaran pemilih baru, mencocokkan elemen, perbaikan elemen.

PPDP bertugas di lapangan nanti menyesuaikan dengan protokol kesehatan, ada beberapa tahapan yang kami lakukan, setiap TPS akan ada satu PPDP, dari total 546 TPS.

“Melalui Coklit didapatkan hasil warga yang memenuhi syarat dan belum terdaftar atau sudah tidak memenuhi syarat tapi amsih tercantum, kekeliruan identitas, alih status,” jelasnya.

PPDP akan berkunjung dari rumah ke rumah untuk mencocokkan dan meneliti data warga berdasarkan E-KTP atau surat keterangan sudah perekaman dan kartu keluarga, selain itu PPDP juga tetap berkoordinasi dengan kepala RT/RW mengenai keberadaan warga dan data terupdate warga di wilayah kerjanya.

“Karena itu KPU Tana Toraja berharap agar warga Tana Toraja dapat bekerja sama dalam memberikan keterangan yang benar mengenai data diri dan keluarganya saat PPDP melakukan pencocokan dan penelitian serta bersedia menunjukkan administrasi kependudukan ( E-KTP atau Surat keterangan dan Kartu Keluarga) kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, selain itu warga juga memastikan dirinya sudah terdaftar dalam daftar pemilih agar dapat menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja di tanggal 9 desember 2020 mendatang,” ungkap Rizal.

PPDP dalam menjalankan tugasnya di tengah pandemi Wabah Covid-19 di bekali dengan APD berupa masker, pelindung wajah, sarung tangan dan handsanitiser dan tetap bekerja sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here