16 Narapidana Bebas Bersyarat Di Rutan Makale

546
0
Handover (Humas Rutan Klas IIB Makale).

Updatekareba.Com, Toraja – Rumah tahanan (Rutan) Klas IIB Makale membebaskan secara bersyarat 16 narapidana dan anak pidana, Rabu (1/4/2020) kemarin.

Hal ini disampiakan Kepala Rutan Makale, Luther Toding Patandung, dalam siaran persnya tentang Warga binaan pemasyarakatan dengan menerapkan program Asimilasi di Rumah Warga Binaan Pemasyarakatan, berdasarkan Keputusan Menteri bernomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang pengeluaran, dan pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka pencegahan dan penaggulangan penyebaran Covid-19.

“Tak hanya itu Kepmen tersebut dikuatkan juga dengan dikeluarkannya Permenkumham No.10 tahun 2020 yang mengatur tentang syarat pemberian Asimilasi dan Integrasi dalam rangka pencegahan dan penaggulangan penyebaran Covid-19. Permenkumham No. 10 Tahun 2020 dan keputusan menteri hukum dan HAm nomor 19 Tahun 2020,” kata Luther Toding Patandung di dampingi Kasubsi pelayanan Tahanan Kamal Yahya dan stafnya.

Pengeluaran WBP untuk Asimilasi di rumah dilakukan dengan mematuhi lima ketentuan yakni : Narapidana yang 2/3 masa pidananya jatuh hingga 31 Desember 2020, Anak yang 1/2 masa pidananya jatuh sampai 31 Desember 2020; Narapidana dan anak yang tidak terkait dengan PP nomor 99 Tahun 2012, yang tidak sedang menjalani subsider dan bukan WNA,

Asimilasi dilaksanakan di rumah serta surat keputusan asimilasi diterbitkan oleh Kepala Lapas, Kepala LPKA, dan Kepala Rutan.

“Kepada para narapidana sebanyak 16 orang agar dalam pelaksanaan Asimilasi dirumah ini tetap mematuhi aturan tidak kemana-mana tetapi tetap tinggal untuk menjaga kesehatan menghindari penularan Corona virus desense (Covid19),” ungkap Kepala Rutan Makale.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here