600 Personil Gabungan TNI-Polri Diturunkan Saat Pilkalem di Toraja Utara

290
0
Kabag Ops. Polres Tana Toraja, Kompol Budi Gunawan.

Updatekareba.Com, Toraja – Menjelang pemilihan kepala Lembang/Desa di Kabupaten Toraja Utara pada bulan November – Desember 2019, Polres Tana Toraja melakukan berbagai persiapan persiapan untuk memastikan pelaksanaan demokrasi di tingkat Lembang dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

Persiapan itu antara lain, melakukan koordinasi dengan pihak Pemkab Toraja Utara terkait jadwal dan pelibatan personil pengamanan, dan koordinasi dengan Kodim 1414 Tana Toraja terkait pelibatan personil kodim 1414 memback up pengamanan di Lembang Lembang yang di jadwalkan akan melaksanakan Pilkalem.

Untuk mematangkan persiapan pengamanan pilkalem di Toraja Utara, Kapolres Tana Toraja AKBP. Julianto P. Sirait SH SIK memimpin rapat konsolidasi kesiapan pengamanan, yang di ikuti oleh PJU, Kapolsek Jajaran, Jajaran Kasat Fungsi dan perwira polres Tana Totaja, yang dilaksanakan di aula bhayangkari Polres Tana Toraja pada pukul 10.00 wita, Senin 4/11/2019.

Pada kesempatan ini, Julianto P. Sirait SH SIK kembali menekankan kepada jajarannya untuk memastikan kesiapan personil pengamanan yang akan diturunkan pada hari H pelaksanaan Pilkalem, termasuk memanfaatkan waktu yang tersisa untuk turut membantu menyelesaikan permasalahan permasalahan yang ada saat ini di beberapa lembang yang melaksanakan pemilihan.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Tana Toraja, Kompol Budi Gunawan SE MH selaku Karendal Ops, dihadapan Kapolres Tana Toraja menyebutkan bahwa Personil Polres Tana Toraja yang disiapkan untuk melaksanakan Pengamanan Pilkalem sebanyak 264 personil, ditambah dengan BKO Brimob 1 peleton, pelibatan 168 Personil kodim 1414 Tana Toraja, dan 174 personil sat pol. PP.

Sekitar 600 personil gabungan akan melakukan pengamanan di 87 Lembang di Kabupaten Toraja Utara yang melaksanakan pemilihan.

Pola pengamanannya lanjut Kompol Budi Gunawan, 1 Lembang akan di kawal oleh 2 personil polisi, 2 personil TNI , dan 2 personil Satpol PP, plus 1 peleton sat Sabhara dan Brimob yang akan melakukan high mobile patroli wilayah.

Dengan pelibatan pengamanan yang mencapai 600 personil, Kapolres Tana Toraja pun mengatakan bahwa semakin banyak personil yang dilibatkan semakin baik, di satu sisi memberikan jaminan keamanan pelaksanaan pilkalem sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat, dan di lain sisi dapat memberikan peringatan dini kepada kelompok atau oknum oknum yang berencana melakukan hal hal negatif yang dapat mengganggu jalannya proses pilkalem.

Diakhir pertemuan itu Kapolres tegaskan, dengan dukungan dan sinergi yang ada, Polres Tator Siap amankan jalannya pelaksanaan Pilkalem Toraja Utara.

Sebagai informasi yang perlu diketahui, Pilkalem di 87 Lembang di kab. Toraja Utara dilaksanakan dalam 8 sesi / jadwal pemilihan, meliputi :
– tanggal 11 November 2019.
Pilkalem untuk Kecamatan Buntu Pepasan
– tanggal 16 Nov 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Bangkelekila, Kecamatan Tikala dan Kecamatan Sesean.
– tanggal 21 nov 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Sanggalangi’ dan Kecamatan Rindingallo.
– tanggal 28 Nov 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Balusu, Kecamatan Tallunglipu dan Kecamatan Sa’dan.
– tanggal 03 Des 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Kapala Pitu, Kecamatan Awan Rantekalua dan Kecamatan Sesean Suloara.
– tanggal 09 Des 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Kesu’ dan Kecamatan Denpina.
– tanggal 14 Des 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Nanggala, Kecamatan Tondon dan Kecamatan Buntao.
– tanggal 20 Des 2019
Pilkalem untuk Kecamatan Baruppu, Kecamatan Sopai, Kecamatan Rantebua, dan Kecamatan Rantepao.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here