Analisis Terkait Menurunnya Curah Hujan di Toraja

305
0

Updatekareba.Com, Toraja – Mengapa lima hari terakhir ini curah hujan di wilayah Toraja menurun?

“Hal tersebut disebabkan adanya Siklon Tropis “Treyor” di perairan selatan Papua Nungini yang berdampak terhadap menurunnya curah hujan di Toraja,” kata Kepala Stasiun Meterologi Klas IV Bandara Pongtiku, Agung Sudiono, dalam rilis persnya, Selasa (19/3/2019) pagi.

Apa itu siklon tropis? Siklon tropis merupakan badai dengan kekuatan yang besar. Radius rata-rata siklon tropis mencapai 150 hingga 200 km. Siklon tropis terbentuk di atas lautan luas yang umumnya mempunyai suhu permukaan air laut hangat, lebih dari 26.5 °C.

Masa hidup suatu siklon tropis rata-rata berkisar antara 3 hingga 18 hari. Karena energi siklon tropis didapat dari lautan hangat, maka siklon tropis akan melemah atau punah ketika bergerak dan memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.

Siklon tropis dikenal dengan berbagai istilah di muka bumi, yaitu “badai tropis” atau “typhoon” atau “topan” jika terbentuk di Samudra Pasifik Barat, “siklon” atau “cyclone” jika terbentuk di sekitar India atau Australia, dan “hurricane” jika terbentuk di Samudra Atlantik.

Berdasarkan dari peta angin gradien diatas, menunjukan adanya dua siklon tropis aktif yaitu siklon “savannah” dan “Treyor”. Namun yang berpengaruh terhadap wilayah Toraja adalah siklon tropis “Treyor” 994 hpa di perairan selatan Papua Nungini dengan kecepatan angin maksimal 45 knot yang bergerak kearah barat daya dan tekanan rendah di selatan NTB.

Mengapa demikian? Karena angin bergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan rendah, menyebabkan awan-awan hujan yang berada di wilayah Toraja bergerak menjauh dari Toraja menuju pusat tekanan rendah tersebut.

Potensi tumbuh siklon tersebut menurut TCWC (Tropical Cyclone Warning Centre) BMKG sebagai berikut:
Potensi pertumbuhan siklon tropis:
Tidak terdapat potensi pertumbuhan siklon tropis dalam tiga hari ke depan.

Potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis pada hari :
Selasa (19/3/2019): kemungkinan kecil , dan Rabu (20/3/2019) besok : kemungkinan kecil.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here