Anggota DPR RI Dan Gubernur SulSel Hadiri Puncak HUT Toraja Utara Ke-14

162
0

UPDATEKAREBA.COM, TORAJA – Dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Toraja Utara Ke-14 Tahun “Bergerak Maju Menuju Toraja Utara Yang Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing” mendapatkan kado istimewa dari Gubernur Sulawesi Selatan  Bapak Andi Sudirman Sulaiman, ST dengan tujuan “La Rampo Pameloi Toraya”.

Hal itu diungkapkan dalam sambutannya dalam acara peringatan Hut ke 14 Tahun yang disenggarakan di Lapangan Bakti Rantepao, Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara (04/08/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang mengatakan Pemerintah dan Masyarakat Toraja Utara kami ucapkan terima kasih dan merasa bangga atas kehadiran Bapak Gubernur Sulawesi Selatan bersama jajaran dan kehadiran bapak gubernur menjadi berkat bagi kami di Kabupaten Toraja Utara.

“Terima Kasih juga kami haturkan atas bantuan Bapak Gubernur Sulsel melalui Bantuan keuangan Daerah kepada Pemerintah Kabupaten Toraja Utara sebesar Rp. 20 Milyar yang tujuannya untuk  membiayai empat ruas yaitu ruas singki – pemanikan, ruas  la’bo – kondoran, ruas sullukan- tandung, ruas karre penanian-karre limbong dan dimohon untuk ruas sa’dan –batusitanduk agar dilanjutkan, ruas poros tikala -pangala’-baruppu-toraja barat dilanjutkan,” ungkap Bupati Toraja Utara

Mengawali Sambutannya, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, ST mengatakan tidak terasa kita memperingati HUT Kabupaten Toraja Utara ke-14, Tahun ini kita mengusulkan dan sudah disetujui dari 20 PSN yang di usulkan dan yang disetujui 8 salah satunya adalah Bandara Buntu Kuni’ untuk perpanjangan jalur 800 meter, dan bagaimana membuat rute Toraja-Balikpapan.

“Mohon bantuan ibu Eva Rataba sebagai anggota DPR RI yang hadir dalam acara ini untuk mengawal pembangunan lanjutan bandara buntu kunyi,” kata Andi Sudirman Sulaiman

Gubernur SulSel ini juga menyampaikan masyarakat Toraja harus percaya diri membangun daerahnya dengan kaki sendiri dan tugas provinsi adalah memfasilitasi bagaimana berdaulat dan jangan menjadi penonton, kehadiran saya disini untuk menjadi Abdi untuk melindungi, mengayomi dari asas keadilan di dua Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja.

Usai sambutan-sambutan dilanjutkan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman kepada Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang berupa Bantuan Pembangunan Gapura Perbatasan Wilayah Kabupaten Toraja Utara dengan Kabupaten Tana Toraja sebesar Rp. 388.407.000 dan Bantuan Santunan Kematian Sebesar Rp. 10.000.000 Bagi Korban Penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KBB) di Distrik Mulia Kab. Puncak Jaya Provinsi Papua Kepada Ahli Waris Almarhum Salena Lolo dan Hadiah Kepada Bapak Pdt. Resly Sinampe yang mendapatkan Penghargaan Kalpaltaru dari Bapak Presiden.

Selain dari itu penghargaan juga diberikan oleh Pemerintah kabupaten Toraja Utara yang diserahkan langsung Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE.,M.Si didampingi Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik V. Palimbong, ST Kepada Mutharrarah Khainani atas prestasinya membawa Kabupaten Toraja Utara mendapatkan Juara II Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dalam Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-XXXII Kategori Lomba Hafalan 1 Juz dan Piagam Penghargaan Kepada Paduan Suara Remaja Pemuda Atas Prestasinya Sebagai Juara II Tingkat Nasional Pada Ajang Pesparawi Nasional Tahun 2022.

Sementara Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba menyampaikan selamat ulang tahun ke 14 bagi Toraja Utara.

“Sebagai legislator pusat asal Toraja Utara akan terus membantu pembangunan untuk Toraja Utara baik dengan program aspirasinya maupun melalui usulan dari Pemkab,” ungkap Eva Stevany Rataba.

Hadir juga dalam acara ini anggota DPRD SulSel, Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Forkopinda Toraja Utara, dan beberapa pejabat Pemprov SulSel dan Anggoa DPRD Toraja Utara, serta tokoh masyatakat Toraja Utara

Sebelumnya kegiatan peringatan Hut Kabupaten Toraja Utara di isi dengan penampilan defile OPD, Kecamatan, Lembang, Kelurahan, Sekolah dan Antraksi Drumband/Marching Band tingkat SD,SLTP dan SLTA/SMK.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here