Ayo Periksa Rapid atau SWAB (Dr. dr. SISWANTO PABIDANG, SH, MM)

854
0
Siswanto pabidang.

Updatekareba.Com – Ketika ada hasil Rapid bahkan SWAB keluar maka hebohlah seluruh penjuru kampung, kota, se-Kabupaten, bahkan semua grup Medsos Toraja, apalagi bila hasilnya Reaktif atau Positif. Petugas kesehatan yang tergabung dalam Satgas Covid-19 segera melakukan 3 T (Testing, Tracing, dan Treatment) kepada seisi rumah yang bersangkutan bahkan bisa lebih luas lagi kepada semua yang pernah kontak dengannya. Semisal ada penderita yang kebetulan diketahui sudah menghadiri pesta adat di kampung maka yang kontak dengannya dilakukan 3 T ke alamat masing-masing. Bayangkan betapa luasnya daerah yang harus ditempuh juga memakan waktu dan biaya.

Tujuan sesungguhnya 3 T adalah untuk segera memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Namun, masih ada orang yang keberatan dengan upaya tersebut.

Seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 maka diterbitkanlah aturan baru di mana semua penumpang pesawat harus melakukan Rapid tes Antigen yang sebelumnya cukup dengan Rapid tes Antibodi, bahkan ada yang harus dilakukan tes SWAB PCR. Tetapi untuk perjalanan darat umumnya masih menggunakan hasil Rapid tes Antibodi apabila hendak memasuki suatu daerah seperti ke Tana Toraja dan Toraja Utara (yang sudah punya hasil Rapid tes Antigen atau SWAB PCR tetap berlaku).

Dari beberapa tulisan diketahui bahwa ada perbedaan pada tes Rapid Antibodi, Antigen, dan SWAB. Apakah itu?

Sebagaimana diketahui bahwa tes Rapid itu ada dua, yaitu Rapid Antigen dan Rapid Antibodi.

Antibodi menandakan adanya kekebalan khusus terhadap mikroorganisme (virus, bakteri) yang sudah terbentuk dan terdeteksi di dalam darah yang dikenal dengan nama Imunoglobulin (Ig). Ig ada dua yaitu IgM dan IgG. IgM adalah Ig yang terbentuk sebagai respon awal terhadap mikroorganisme. Seiring waktu IgM ini akan menurun dan digantikan oleh IgG yaitu imunoglobulin lanjutan yang akan bertahan beberapa bulan.

Antigen adalah bagiacn dari tubuh kuman. Sehingga apabila ada SWAB Antigen atau disebut juga Rapid Antigen berarti pemeriksaan apus hidung untuk mencari bagian-bagian tubuh kuman termasuk virus.

Sedangkan SWAB PCR adalah pemeriksaan apus hidung untuk mendeteksi DNA Virus Covid-19.

Dari ketiga pemeriksaan tersebut di atas, yang sangat terpercaya untuk mendeteksi Covid-19 adalah dengan SWAB PCR.

Apabila kita sudah memahami betapa pentingnya pemberantasan Covid-19 maka masing-masing dari kita hendaknya mengambil bagian di dalamnya, agar pandemi Covid-19 ini segera tertangani dengan baik.

Ayo dukung dan laksanakan gerakan 3 M, dukung tugas Satgas Covid-19 dengan 3 T, dan jangan ragu ikuti pemeriksaan Rapid tes Antibodi, Antigen, bahkan SWAB PCR baik mandiri atau karena termasuk orang terpapar.

Harapan kita semua adalah agar kita, keluarga dan lingkungan kita tidak terpapar dengan Covid-19 ini.

Jangan tunggu terpapar baru periksa. Ayo…(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here