Bangkit dan Sukses Setelah Dikucilkan oleh Keluarga dan Masyarakat “Review Mantan Penyalah Guna Narkoba” Tahun 2019

311
0

Updatekareba.Com, Toraja – Penyalah Guna Narkoba di Provinsi Sulawesi Selatan setiap harinya bertambah. Seiring dengan bertambahnya para penyalah guna, BNN Provinsi Sulawesi Selatan juga berupaya dengan berbagai cara untuk bisa menyelamatkan para penyalah guna.

Salah satu cara yang dilakukan oleh BNN Prov. Sulsel adalah dengan memberikan ketrampilan kepada para mantan penyalah guna.

Berbagai keterampilan yang diberikan kepada para mantan penyalah guna diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan mantan penyalah guna ke depannya.

Hal tersebut dipaparkan oleh Ka. BNN Prov. Sulsel, Brigjen Pol. Drs. Idris Kadir, SH., M.Hum. dalam kegiatan “Review Mantan Penyalah Guna Narkoba” di Hotel Almadera, Jl. Somba Opu, Makassar, Senin (16/9/2019) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut mantan penyalah guna narkoba berkenalan langsung serta bercerita pengalaman hidupnya dari pertama mengenal narkoba hingga bisa lepas dari jeratan barang haram tersebut.

Yang membuat menarik kegiatan tersebut ketika salah satu mantan penyalah guna narkoba dari BNN Kota Palopo bercerita pengalamannya dari pertama mengenal narkoba hingga menjadi pengusaha catering sukses di kota Palopo.

Beliau bercerita jika sempat beberapa kali terjerumus ke dalam dunia hitam narkoba karena tidak lagi mendapatkan kepercayaan dari keluarga bahkan sampai dikucilkan dari lingkungan sekitar.

Berbagai cara untuk berhenti menggunakan narkoba beliau lakukan tetapi terasa sangat sulit disebabkan karena stigma masyarakat yang memandang sebelah mata kepada penyalah guna narkoba. Sampai akhirnya beliau memberanikan diri datang ke BNN untuk melaporkan diri agar di rehabilitasi.

“Hanya di BNN dan Mesjid saya dimuliakan sebagai seorang manusia, selebih saya hanya sebagai sampah masyarakat” tutup cerita beliau.

Beliau juga berpesan jika jangan pernah berhenti untuk berusaha jika engkau mempunyai cita-cita karena itulah motivasi hidup terbaikmu.

Kegiatan “Review Mantan Penyalah Guna Narkoba” dihadiri sekitar 40 orang mantan penyalah guna dari BNN Prov. Sulsel, BNN Kota Palopo, BNN Kabupaten Tana Toraja, BNN Kabupaten Bone.

Turut hadir juga Pendamping Pascarehabilitasi, Petugas Rumah Damping Celebes, Komunitas Mantan Penyalah Guna Lapas Narkotika, Orang tua mantan penyalah guna narkoba.

Pada penutupan kegiatan “Review Mantan Penyalah Guna Narkoba” Kepala Seksi Pacarehabilitasi BNN Prov. Sulsel, Rudiastono, SKM. memaparkan program kerja Rehabilitasi untuk tahun 2020 – 2024 sekaligus mengajak mantan penyalah guna narkoba untuk menjadi “Agen Pemulihan” ditempat tinggalnya masing-masing.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here