Begini Cara Bhabinkamtibmas Polsek Makale Tangani Rumor Tak Benar Soal Covid-19

136
0
Handover (Humas Polres Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – Bhabinkamtibmas Polsek Makale Brigpol Ahmad Firmansyah menghadiri kegiatan Mediasi penyelesaian permasalahan terkait menyebarnya sebuah rumor tak sedap di tengah masyarakat lingkungan di Kelurahan Lion Tondok, Rabu (6/5/2020).

Rumor ini disebarkan oleh salah seorang oknum Pegawai Rumah Sakit yang berinisial JB menyebutkan bahwa bidan Polindes Lion Tondok telah di nyatakan positif C-19 hasil dari Rapid Test.

Tak pelak, rumor ini membuat warga lingkungan di Kelurahan Lion Tondok Iring menjadi resah, bahkan keresahan tersebut berubah menjadi timbul ketidak inginan dari warga untuk berobat lagi di Polindes Lion Tondok Iring.

Untuk mengklarifikasi dan meluruskan informasi yang sebenarnya sesuai dengan fakta, di laksanakanlah mediasi yang bertempat di Kantor Kelurahan Lion Tondok Iring, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja.

Mediasi ini dilaksanakan pada pukul pukul. 09.30 wita, di hadiri oleh kepala puskesmas Makale Utara dr. Lina Rombe, Lurah Lion Tondok Iring Luther Uspen Pala’langan, Tenaga medis Puskesmas Makale Utara, hadir pula JB terduga penyebar rumor, dan para tenaga bidan Polindes Tondok Iring sebagai pihak yang dirugikan oleh rumor tersebut.

Para kepala Lingkungan di wilayah Makale Utara, juga turut hadir mendengarkan fakta sebenarnya yang terungkap pada mediasi itu yang nantinya akan diteruskan kepada warga masing masing.

Kepala Puskesmas Makale Utara dr. Lina Rombe, dihadapan seluruh peserta mediasi menjelaskan bahwa memang benar telah dilakukan rapid test kepada sejumlah tenaga medis di RS Lakipadada, termasuk juga telah dilakukan rapid test kepada sejumlah Bidan Polindes di Kel. Lion Tondok Iring.

Lanjut dr. Lina, hasil dari rapid test sejumlah tenaga medis ini terbaca positif atau reaktif, termasuk juga hasil rapid test dari sejumlah Bidan Polindes menyatakan positif atau reaktif.

“Setelah dilakukan pemeriksaan Swab terhadap yang bersangkutan sebagai tindak lanjut dari hasil rapid test, hasil swabnya menyatakan negatif, artinya tidak terpapar Covid, termasuk hasil test Swab seluruh bidan polindes tondok iring menyatakan negatif,” Kata Brigpol Ahmad Firmansyah yang mengutip penjelasan dari dr. Lina Rombe.

dr. Lina Rombe sebagai kepala Puskesmas Makale Utara menyatakan bahwa seluruh bidan Polindes Tondok Ireng dalam keadaan sehat, mereka telah menjalani prosedur tahapan / SOP penangan covid 19, mulai dari pemeriksaan, isolasi/karantina mandiri dan hingga dinyatakan sehat.

dr. Lina Rombe pun meminta kepada seluruh bidan Polindes Tondok Ireng untuk kembali melaksanakan tugasnya melayani kesehatan masyarakat.

Kepada para kepala lingkungan yang hadir, dr. Lina berharap penjelasannya dapat di teruskan kepada warga masing masing sehingga dapat menenangkan warga yang sedang resah akibat rumor yang berkembang.

” Dari pengamatan kami, para kepala lingkungan yang hadir memahami dengan baik penjelasan dari ibu dokter,” Kata Brigpol Ahmad Firmansyah.

Sementara itu, terduga penyebar awal rumor, oknum karyawan salah satu rumah sakit yang ada di Tana Toraja, berinisial JB pun meminta maaf kepada para tenaga medis Polindes Tondok Iring atas rumor yang disebarkannya.

” Terkait dengan terungkapnya fakta yang sebenarnya melalui penjelasan dari ibu dokter, kami pun dari para bhabinkamtibmas Polsek Makale akan turut membantu meluruskan informasi ini kepada warga masyarakat binaan, termasuk juga akan kami teruskan kepada pimpinan kami sebagai bahan masukan,” Ungkap Bhabinkamtibmas Brigpol Ahmad Firmansyah.

Kapolsek Makale Polres Tana Toraja, AKP. Yacob Parinding yang ditemui di Mapolres Tana Toraja saat usai mengikuti rapat, membenarkan perihal kegiatan yang dilaksanakan oleh personilnya, ia pun menambahkan bahwa laporan dari Brigpol Ahmad Firmansyah telah di terimanya dan akan segera dibantu untuk diteruskan ke warga binaan dengan harapan dapat menenangkan warga dari keresahan.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here