Berawal Info di Medsos, Wabup Rinto & Anggota DPR RI Datangi Rumah Lansia Miskin di Tadongkon

1836
0
Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, dan Anggota DPR RI dari Fraksi Naasdem Eva Stevany Rataba, saat mendatangi keluarga miskin di Lembang Tadongkon, Minggu (17/5/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Senang, sedih dan haru itulah yang dirasakan oleh Ayub Parakke (76), seusai Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, dan Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem yang mendatangi langsung rumahnya di Lembang Tadongkon, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (17/5/2020).

Ayub, Duda miskin yang hidup bersama anaknya yang disabilitas dan status rumah menumpang di tanah bukan miliknya tak menyangka orang nomor dua di Toraja Utara dan anggota DPR Ri akan berkunjung ke rumahnya.

Rumah yang dibangun dengan papan triplek dan kayu bekas itu, dan sudah bertahun, Ayub bersama anaknya di rumah, jauh kata layak tersebut.

Bahkan, Ayub mengaku sering tidur sendiri, jika sang anak yang kerja memecah batu.

“Kurre sumanga’ tu karampoanmi,” ujar Ayub dengan mata berkaca-kaca dalam bahasa Toraja.

Melihat Ayum girang dan tersenyum lepas, Wabup Rinto pun meminta kepada Kepala Lembang Tadongkon, Herman Bangalino, memprioritaskan pemberian bantuan sosial.

“Ini aksi kemanusiaan tidak ada unsur politik, jadi mohon pak Kepala Lembang prioritaskan untuk bantuan sosial bagi keluarga pak Ayub, terlebih sekarang kondisi pandemi,” kata Yosia Rinto Kadang.

Sebelum masuk ke rumah Ayub, Wabup dan Anggota DPR RI, mereka terlebih dahulu melihat sekeliling rumah tersebut.

Tampak sesekali, mereka menggelengkan kepala saat melihat rumah tersebut.

“Jauh dari kata layak, kamar mandinya saja tidak ada, hanya listrik aja,” kata Rinto.

“Saya rasa, ini sangat layak dibantu, dan sudah minta pada Kepala Lembang dan laporkan ke Camat serta Dinas Sosial,” tegas Rinto.

Rinto mengaku, mengetahui adanya rumah tidak layak huni itu, dari media sosial yang dikirimkan oleh masyarakat kepada dirinya.

“Dari facebook saya tahu. Sedih sekali saat saya melihat fotonya, makanya saya turun langsung. Seperti pengakuan beliau tadi, untuk memasak saja di ruang tamu, memang sempit, dan memprihatikan,” sebutnya.

Hal yang sama disampaikan Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, menambahkan ini adalah bentuk aksi program Home Care Lansia yang saya laksanakan bersama pemerintah daerah, sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi lansia yang ada di Kabupaten Toraja Utara.

“Saya ini memang fokuskan untuk lansia miskin, sakit dan terlantar. Setiap kunjungan, kami selalu membawa sejumlah bantuan berupa sembako dan kebutuhan khusus lainnya untuk lansia bersangkutan, termasuk keluarga pak Ayub,” ucap Eva.

Eva pun juga sempat membeli hasil kerajinan dari ayub yakni penapis beras atau dalam bahasa Toraja

Ayub dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari yakni menjual alat penapis beras secara tradisional.

“Semangat hidup pak Ayub dan anaknya yang disabilitas membuat saya sadar, bahwa hidup ini kita harus kuat dan tetap bersyukur ke Tuhan,” tambah Eva.

Sementara Kepala Lembang Tadongkon, Herman Bangalino, mengapresiasi langkah dan kunjungan Wabup Toraja Utara dan istrinya yang juga anggota DPR RI kepada salah satu warganya yang sangat kekurangan.

Kedua Pejabat Negara ini juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga lansia ini. (*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here