Berbagai Program Kerja Dibuat Oleh Mahasiswa KKN Tematik Gel 108 Unhas Di Lembang Rinding Batu

99
0

UPDATEKAREBA.COM, TORAJA – Tiga tahun berjuang di perguruan tinggi bukanlah satu hal yang mudah. Banyak hal yang harus dilalui hingga dapat menjadi sarjana. Dibutuhkan komitmen dan ketekunan agar dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat.

Setelah sampai di penghujung tahun ketiga, para mahasiswa biasanya akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Hal ini yang dialami oleh beberapa mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Toraja Utara 1 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin.

Mereka melakukan pengabdian di masyarakat dari tanggal 29 Juni 2022 hingga 20 Agustus 2022 dengan melaksanakan berbagai program kerja yang membangun di Lembang Rinding Batu, Kecamatan Kesu’, Kabupaten Toraja Utara.

Jeknuar Pidun Tau’labi selaku Koordinator Sub-Posko KKN Tematik Desa Wisata Toraja Utara 1 Gelombang 108 Lembang Rinding Batu menyampaikan bahwasanya KKN Tematik menjadi ajang untuk bersinergi dan mengamalkan ilmu mahasiswa bersama masyarakat.

Terdapat dua tema yang diangkat pada program KKN yang dicanangkan di Toraja Utara pada gelombang 108 ini yaitu Desa Wisata dan Perhutanan Sosial.

“Salah satunya kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) di SMK Eran Batu pada 15 Juli lalu, dimana kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini membuat adik-adik pelajar menjadi lebih paham dalam memanfaatkan dan mengolah limbah menjadi pupuk organik cair. Mereka dapat gunakan pada tanaman jenis sayur daun dan sayur buah,” kata Jeknuar Pidun Tau’labi, Rabu (3/8/2022).

Sosialisasi berlangsung cukup interaktif, para peserta aktif bertanya seputar manfaat maupun kandungan pupuk organik cair yang akan dibuat.

“Selain kegiatan sosialisasi POC, kami juga melakukan kegiatan penanaman bibit dan pembuatan mini garden di Kantor Lembang Rinding Batu yang bertujuan agar halaman kantor Lembang Rinding Batu lebih asri dan lebih indah sehingga masyaraka.” Lanjut Jeknuar.

Kegiatan ini melibatkan beberapa pemuda Lembang Rinding Batu dan mereka sangat antusias terhadap kegiatan ini.

Selain dua program kerja tersebut, para mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Toraja Utara 1 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin ini juga terlibat dalam membantu warga di Lembang Rinding Batu yang melaksanakan acara Rambu Solo’, termasuk dalam membantu mempromosikan objek wisata yang ada di Lembang Rinding Batu.

Selain itu, mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Toraja Utara 1 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin Sub-Posko Lembang Rinding Batu pun melakukan program kerja wajib yaitu Otoritas Jasa Keuangan, dimana didalamnya mencakup materi mengenai Perbankan, Industri Keuangan Non Bank (IKNB) dan Pasar Modal (PM).

Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah agar masyarakat dapat lebih memahami mengenai Industri Jasa Keuangan yang legal dan logis pada saat ini.

“Jadi pada saat sosialisasi OJK, kami mengundang para pemuda yang ada di Lembang Rinding Batu untuk datang ke posko dan mendengarkan penjelasan dari kami. Alasan kami menargetkan materi ini pada kalangan pemuda adalah dikarenakan pemahaman mereka yang masih minim dan harapan kami adalah mereka bisa menata keuangan dengan baik dan bijak,” Terang Jeknuar.

Setelah hampir satu bulan menjalankan pengabdian masyarakat, mahasiswa KKN Tematik Desa Wisata Toraja Utara 1 Gelombang 108 Universitas Hasanuddin Sub-Posko Lembang Rinding Batu berharap semua program kerja yang telah terlaksana dapat membawa dampak yang positif terhadap Lembang Rinding Batu.

Mereka pun berterima kasih kepada Perangkat Lembang dan masyarakat setempat yang selalu mendukung apapun program kerja yang ingin dilaksanakan.

“Kami berharap dengan kehadiran kami mahasiswa KKN Tematik Unhas dapat membantu masyarakat dan menjadi penggerak agar Lembang Rinding Batu bisa menjadi lebih baik lagi. Semoga kegiatan ini bisa memberikan dampak yang baik terhadap tempat dimana kami ber-KKN. Kami selaku mahasiswa KKNT juga mendapatkan sangat banyak pengalaman. Kami pun berterima kasih kepada semua Perangkat Lembang dan masyarakar setempat yang telah ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan kami ini ” pesan Jeknuar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here