Bersama Dinsos, Karang Taruna Toraja Utara jadi relawan penanggulangan COVID-19

374
0
Ketua Karang Taruna Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang (kiri) saat memantau penyemprotan disenfektan bersama Dinsos Toraja Utara di perbatasan Toraja Utara - Palopo, Minggu (5/4/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan ikut membantu pemerintah dalam menanggulangi Corona Virus Disease (COVID-19) dengan menjadi relawan penyemprotan cairan desinfektan.

“Ini merupakan inisiatif kita dan kita berikan intruksikan kepada Karang Taruna Kecamatan dan desa untuk turut serta menjadi relawan sesuai wilayah masing-masing,” kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, saat ditemui usai bersama penyemprotan disenfektan bersama Dinas Sosial Toraja Utara di perbatasan Toraja Utara – Palopo, Kecamatan Nanggala, Minggu (5/4/2020) malam.

Yosia Rinto Kadang yang juga Wakil Bupati Toraja Utara ini mengatakan, selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga ikut mensosialisasikan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), pembatasan sosial, pembatasan fisik dan maklumat Kapolri

Menuurtnya, langkah pencegahan dan penanggulangan COVID-19 yang dilakukan di kecamatan dan desa sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kabupaten Toraja Utara.

Dijelaskan Rinto, penyemprotan cairan desinfektan dilakukan pada fasilitas umum di kecamatan dan lembang/desa seperti gereja, masjid dan mushalla, pasar dan pada perkantoran seperti kantor desa, BPD, kantor kecamatan, polsek, koramil dan rumah-rumah warga.

“Karang Taruna Kecamatan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, sedangkan di tingkat desa berkordinasi dengan kepala desa,” kata Rinto.

Saat ini sudah ada Karang Taruna di beberapa kecamatan dan desa/lembang yang melaksanakan penyemprotan dan sosialisasi PHBS. Ada pula yang sedang melaksanakan dan sedang dalam tahapan merencanakan kegiatannya.

Karang Taruna Toraja Utara dalam pencegahan pandemi COVID-19, akan tetap berpartisipasi secara sukarela membantu pemerintah terkait kegiatan yang bersifat penanggulan COVID-19.

Mensosialisasikan imbauan pemerintah dan mentaatinya, terutama yang berkaitan dengan pembatasan sosial dan pembatasan fisik, dan perilaku pola hidup sehat dan bersih.

“Penyesuaian program kerja Karang Taruna untuk diarahkan untuk membantu pemerintah dalam pencegahan, penanggulangan COVID-19 dan memanfaatkan teknologi informasi dan media sosial untuk penyebaran informasi kebijakan pemerintah,” ucap Wabup Torana Utara ini.

Terkait kegiatan penyemprotan diperbatasan Toraja Utara ini oleh Ketua Karang Taruna Toraja Utara ini menjelaskan dalam rangka Terbarkan Kesetiakawanan Sosial Dalam Menghadapi Penularan Wabah Virus Corona (Covid-19), serta jajaran pengurus.

Aksi Terbarkan Kesetiakawanan Sosial ini pun dilakukan oleh jajaran pengurus bersama Dinas Sosial Toraja Utara, yang tergabung dalam Gugus tugas Covid-19 Pemkab Toraja Utara.

“Sebagai bentuk respon positif, Karang Taruna pada setiap tingkatan sudah ikut serta menjadi bagian dari komponen kabupaten Toraja Utara yang proaktif ikut serta dalam pencegahan penularan wabah virus corona,”papar Rinto.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here