Bertemu Konstituen, Kakak Paskaria Tombi Blusukan di Pasar Rantepao Toraja Utara

773
0
Caleg DPR RI Dapil SulSel III dari PDIP, Paskaria Tombi,

Updatekareba.Com, Toraja – Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari PDI Perjuangan Dapil SulSel III, Paskaria Tombi, lakukan blusukan ke pasar Rantepao, Toraja Utara, Minggu (24/3/2019) pagi.

Hal itu Ia lakukan, selain dalam rangka menemui konstituen di Dapilnya, juga untuk memastikan kondisi harga bahan-bahan dapur yang ada di pasar tradisional.

Caleg DPR RI Dapil SulSel III dari PDIP, Paskaria Tombi, blusukan ke pasar Rantepao, Minggu (24/3/2019).

“Saya pilih pasar Rantepao, karena pasarnya rakyat. Aku ingin lebih dekat sama masyarakat di Dapil saya. Bagaimana bertemu langsung dengan mereka, melihat bagaimana kondisi mereka belanja, memantau harga bahan-bahan kita. Saya ingin tahu langsung, karena yang saya dengar, pernah dapat berita, 50rb itu hanya dapat tempe. Maka itu saya ingin melihat langsung,” jelas Paskaria Tombi.

Paskaria kemudian mendapati fakta bahwa justru harga-harga cenderung stabil, bahkan di antaranya ada yang mengalami penurunan.

“Ternyata harga telur turun, beras stabil, cabai, bawang, sayur-sayuran, semua juga mereka tidak ada yang berubah,” ucap Paskaria.

Caleg DPR RI Dapil SulSel III dari PDIP, Paskaria Tombi, blusukan ke pasar Rantepao, Minggu (24/3/2019).

Di samping persoalan harga-harga bahan di pasar tradisional, Caleg yang berlatarbelakang pengacara ini juga menilai keberadaan pasar tradisional masih diperlukan meski telah menjamurnya supermarket.

“Menurut saya sih tetap sangat dibutuhkan ya, meski ada supermarket, ya itulah masyarakat kita apa adanya. Mungkin suatu saat nanti Indonesia semakin maju, kita bisa membuat pasar lebih modern. Tapi pasar tradisional itu, rasanya, suatu yang tetap dibutuhkan, dimana masyarakatnya bisa bertemu di situ, berinteraksi langsung saat tawar-menawar. Cara menjajakannya juga, tanpa didinginkan, fresh,” kata Paskaria.

“Mungkin kalau kita ingin perbaikan itu di masalah kebersihan dan penataannya supaya lebih baik,” imbuhnya.

Ia pun berharap para pelaku ekonomi di pasar tradisional bisa terbebas dari mata-rantai tengkulak. Ia berharap ada sistem yang memungkinkan petani melakukan transaksi kepada calon pembelinya secara langsung tanpa melalui tengkulak.

Caleg DPR RI Dapil SulSel III dari PDIP, Paskaria Tombi, bersama anak muda Toraja.

“Saya ingin sih langsung mereka (pembeli) tidak ke tengkulak dulu, mereka bisa langsung membeli ke petaninya, atau petaninya mempunyai sistem yang bisa dibeli langsung. Jadi memutus juga rantai tengkulak. Jadi masyarakat juga terbantu. Jadi harganya juga tidak terlalu mahal, keuntungan petani juga bisa dirasakan langsung,” harap Paskaria.

Sehabis blusukan, Paskaria Tombi menemuai anak muda Toraja yang ingin menyampaikan dukungannya kepada caleg yang mewakili kaum millaniel Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here