BMKG Rilis Analisis Cuaca Kejadian Hujan Lebat dan Banjir Di Toraja

885
0
Kondisi banjir di Kecamatan Sangalla Tana Toraja, Senin (29/4/2019)

Updatekareba.Com, Toraja – Analisis Meteorologi terkait Kejadian Hujan dan Angin Kencang Hujan yang terukur di Stasiun BMKG Toraja sebesar 31.4 mm pada pukul 12.00 UTC (20.00WITA) termasuk kategori Hujan Lebat.

Rilis pers Stasiun Meterologi Klas IV Bandara Pongtiku pantauan citra satelit Himawari BMKG pada tanggal 28 April 2019 jam 09.00 – 12.00 UTC (17.00 – 20.00 WITA) terjadi pertumbuhan awan-awan konvektif yang cukup signifikan terutama pada saat terjadinya hujan dengan suhu puncak awan konvektif kurang dari -750C.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya awan Cumulunimbus di wilayah Tana Toraja dengan wilayah cakupan awan yang luas sehingga mengakibatkan terjadinya hujan lebat dalam durasi yang cukup lama hingga menyebabkan meluapnya sungai saddan penyebab terjadinya banjir di sekitar wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara terutama di kawasan sekitar sungai sa’dan,”kata Kapala Stasiun Meterologi Klas IV Bandara Pongtiku, Agung Sudiono, kepada Updatekareba.Com, Senin (29/4/2019).

Analisa peta tekanan udara (Mean Sea Level Pressure / MSLP) dan Gradien Wind pada tanggal 28 April 2019 terdapat Eddy atau daerah tekanan rendah di kawasan laut Jawa sebelah barat Sulawesi selatan yang mengakibatkan terjadinya belokan angin (shearline) dan Konvergensi atau pertemuan (pumpunan) dua arah angin di wilayah Toraja, berdampak terhadap banyaknya pertumbuhan awan-awan hujan.

Hasil analisis tersebut menunjukan Hujan lebat dan Banjir yang terjadi di Tana Toraja dan Toraja Utara terjadi akibat adanya awan konvektif Cumulonimbus dalam cakupan wilayah yang luas.

Awan cumulonimbus tersebut menyebabkan hujan deras dalam durasi yang lama 2 – 5 jam.

“Dihimbau agar masyarakat waspada terhadap hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sore hingga malam hari yang dapat berdampak banjir bandang, kerusakan bangunan, pohon tumbang dan tanah longsor”, tambah Agung Sudiono.

Tindak cepat dilakukan BPBD Tana Toraja tekait bencana banjir ini.

“Kami sementara data dan melihat langsung kondisi dampak banjir ini ,” ujar Kepala BPBD Tana Toraja Alvian Andilolo.

Nilai kerugian dan jumlah korban akibat bencana banjir ini belum diketahui.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here