BNN Latih Karang Taruna Toraja Utara Anti Narkoba

52
0
Satgas Anti Narkoba Karang Taruna Toraja Utara bersama BNNK Tana Toraja.

Updatekareba.Com, Toraja – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja melatih sejumlah anggota Gerakan Taruna Anti Narkoba (GERTAK) Karang Taruna Toraja Utara pada saat Study Karya Bakti Karang Taruna (SKBKT) Toraja Utara, di kompelks Art Center Rantepao, Kamis (5/9/2019) kemarin.

Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo melalui Kepala Seksi P2M BNNK Tana Toraja, Marten Sanda, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya pembinaan masyarakat anti narkoba di kalangan pemuda.

“Kami ingin mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat, salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat khususnya para tokoh pemuda yang akan bekerjasama dengan BNNK melakukan upaya pencegahan dan penyalahgunaan, pemberantasan dan peredaran gelap narkoba (P4GN),” kata Marten Sanda, didepan perwakilan Karang Taruna dari 21 Kecamatan ini.

Menurutnya, para pemuda dan satgas yang sudah dilatih dapat menjadi perpanjangan tangan BNNK, dalam melaksanakan dan memerangi narkoba di lapisan masyarakat dan lingkungan keluarga.

“Peran penggiat sangat diperlukan dalam masyarakat, sebab banyak yang belum banyak tahu tentang pengetahuan tentang narkoba. Maka dari itu perlu adanya peran aktif dari pemuda dan satgas yang sudah dibentuk ini, dalam upaya mensosialisasikan agar masyarakat tidak terjerat dengan kejahatan narkoba ini,” paparnya.

Pihaknya juga akan memantau dan mengevaluasi peran dan tugas penggiat, serta akan akan menjadikannya sebagai percontohan upaya pencegahan narkoba di tingkat pusat.

Sementara Kepala seksi Berantas BNNK Tana Toraja, Kompol Andarias, menjelaskan para pemuda harus memahami aspek hukum dalam P4GN serta upaya-upaya dalam melakukan pelaporan kasus penyalahgunaan narkotika dalam masyarakat.

“Penggiat anti narkoba yang sudah dibentuk oleh BNNK Tana Toraja jangan takut untuk melapor ke kami, jika terdapat tanda-tanda penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar,” tukasnya.

Pihaknya berjanji akan segera turun menindaklanjuti apabila mendapatkan laporan terkait gejala penyalahgunaan narkoba di tiap kecamatan.

Para calon penggiat anti Narkoba dari Karang Taruna ini kedepan juga akan dibekali dengan teknik-teknik konseling kepada penyalahguna dan pecandu narkoba, cara mengetahui dan mendeteksi seseorang yang sudah mengalami gejala kecanduan narkotika.

“Kami akan segerah melangkapi struktur GERTAK Karang Taruna Toraja Utara, dan dalam waktu dekat akan kita latih khusus kerjasama dengan BNNK untuk dapat menjadi penggiat di tiap Kecamatan,” ujar Koordinator Bidang Napza Karang Taruna Toraja Utara, Pdt. Erny Tonapa.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here