BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada 227 Pramuka Di Kelurahan Tongko Sarapun Tana Toraja

315
0
Sosialisasi Bahaya Narkoba di Perkemahan Ranting Sangalla, Tana Toraja, oleh BNNK Tana Toraja, Selasa (13/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja sosialisasi bahaya narkoba kepada 227 anggota pramuka di Perkemahan Rante Lobe, Kelurahan Tongko Sarapun, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Selasa (13/8/2019) malam. Selain diberikan sosialisasi bahaya narkoba kepada anggota Pramuka sekaligus menjadi penggiat p4gn dan menjadi relawan di wilayahnya.

Menurut Ketua Panitia perkemahan bersama penggalangan kwartir ranting Sangalla Kabupaten Tana Toraja, Edi, jumlah peserta putra sebanyak 123 orang, dan putri 104 orang, dari enam gugus depan SD serta tiga gugus depan SMP.

“Kehadiran narasumber dari BNNK Tana Torana karena melihat fenomena yang terjadi saat ini, banyak sekali terjadi penyelundupan narkoba dan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda,” Kata Edy, S.Pd.

Usai kegiatan, Edy berharap, para peserta kembali ke sokolah dan lingkungannya masing-masing dengan membawa wawasan dan informasi yang diperoleh dari kegiatan.

“Ini supaya peserta bisa mengamalkan oleh diri sendiri lebih-lebih bisa mengajak orang lain untuk bisa menjauhi narkoba,” pungkas Ketua Panitia Perkemahan ini.

Sementara, Penyuluh BNNK Tana Toraja Irma selaku narasumber pertama membahas tentang apa itu narkoba, bahaya narkoba, dan rehabilitasi bagi pecandu.

Korban penyalahguna narkoba harus berani berupaya untuk rehabilitasi.

“Ya bisa dengan cara melaporkan dirinya sendiri atau keluarganya yang lapor, tetangga, kerabat atau siapapun yang dikenal sebagai pecandu ke BNNK Tana Toraja untuk difasilitasi ke tempat rehabilitasi baik medis maupun sosial yang sudah ditetapkan. Harapan nya pulih dan tidak relapse kembali ke narkoba,” paparnya.

Sementara Lurah Tongko Sarapung, Saba’ Sombolinggi, mengungkapkan kegiatan perkemahan ini dapat memotivasi generasi muda untuk ikut berperanserta aktif membantu pemerintah menangani masalah narkoba.

Peran serta masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat diperlukan.

Sebab, kata dia, BNN tak bisa bergerak sendiri dalam menangani permasalahan narkoba.

Sosialisasi Bahaya Narkoba di Perkemahan Ranting Sangalla, Tana Toraja, oleh BNNK Tana Toraja, Selasa (13/8/2019).

Sebagaimana tertuang dalam pasal 104 UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika bahwa;

“Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika,” ujar Saba’ Sombolinggi.

Setelah mengikuti kegiatan, Saba’ berharap anggota Pramuka dapat meneruskan pengetahuannya kepada masyarakat di lingkungan sekitar, dan mampu bersinergi dengan BNN guna meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat.

Para pramuka yang ikut dalam sosialisasi di perkemahan bersama ini nampak sangat antusias selama para penyuluh BNNK Tana Toraja mensosialisasikan tentang bahaya narkoba.

Nampak juga dalam sosialisasi ini para mahasiswa KKN UKI Toraja.

Perkemahan ini sendiri dilaksanakan dalam rangka Hari Pramuka ke – 58, dan HUT RI ke – 74.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here