BNNK Tana Toraja Ajak Gerakan Pramuka Lawan Narkoba

365
0
BNNK Tana Toraja sosialisasi bahaya penyalagunaan narkoba pada perkemahan Pramuka di Toraja Utara, Kamis (15/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja mengajak anggota Gerakan Pramuka berperan cegah penyalahgunaan narkobadi kalangan generasi muda. Salah satunya melalui kegiatan pramuka.

Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalia Dewi Tonglo melalui Konselor Adiksi BNNK Tana Toraja Hilmy mengatakan, pramuka harus diberi ruang dan kesempatan yang luas untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif agar tidak terpengaruh terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Selain wadah menempa diri, kegiatan pramuka bisa menghindari para generasi muda dari pengaruh narkoba,” ungkap Hilmy, saat sosialisasi bahaya narkoba di perkemahan ranting Sa’dan, Kabupaten Toraja Utara, Kamis (15/8/2019) malam.

Menurut Hilmy, komitmen gerakan pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter bangsa yang lebih baik. Disamping itu juga, peran pramuka sebagai pendidikan non formal telah masuk dalam kurikulum 2013, memiliki tujuan menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kreatif, serta bertanggung jawab.

“Kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda Indonesia, dituntut dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara,” harapnya.

Saat ini, lanjut Hilmy masih banyaknya anak-anak hingga remaja sampai orang dewasa yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, maka perlu peran serta orang tua, pelatih, pembina, serta pengurus kwartir pramuka agar dapat sama-sama mengawasi jangan sampai anggota pramuka terlibat narkoba.

“Saya berharap gerakan pramuka dapat menjadi pelopor pencegahan, dan pemberantasan penyalagunaan narkoba, sehingga tercipta generasi muda yang anti narkoba,” tukasnya.

Selain dilokasi perkemahan Kwartir Sa’dan, BNNK Tana Toraja juga melakukan sosialisasi di perkemahan Kwartir Pramuka Rantepao, Sanggalangi, Rantebua, dan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara.

BNNK Tana Toraja sosialisasi bahaya penyalagunaan narkoba pada perkemahan Pramuka di Toraja Utara, Kamis (15/8/2019).

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, juga menyampaikan dengan memperingati ulang tahun Pramuka, kami sebagai Mabicab daerah kabupaten ingin menggelorakan Pramuka ini sebagai satu aset bangsa yang bisa kita lestarikan dan bisa kita jaga agar bisa lebih mencintai Indonesia sesuai cita-cita Pancasila dan UUD 1945.

“Pembentukan karakter diri sendiri dari Pramuka memiliki tatanan dan norma kehidupan bagi generasi muda yang harus dilestarikan. “Seperti yang diinginkan pendahulu-pendahulu Pramuka yang ada di seluruh Kabupaten dan Kota agar bisa ditiru,” ujar Yosia Rinto Kadang, yang juga Wakil Bupati Toraja Utara.

Karena Pramuka adalah lambang bangsa Indonesia yang harus dijaga kemarwahannya. Pramuka juga di bidang sosial harus bisa menjawab tantangan yang datang lewat setiap kegiatan-kegiatan untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

Saat Hari Pramuka ke – 58, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso atau Buwas menyampaikan bahwa gerakan Pramuka harus bisa memberantas narkoba.

“Gerakan Pramuka sedianya harus bisa memberantas narkoba yang begitu marak dan merusak generasi muda bangsa,” ujar Budi dalam sambutannya dalam acara peringatan hari ulang janji Pramuka di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019. Arahan tersebut disampaikan sekaligus dalam rangka merayakan hari ulang tahun Pramuka ke-58 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta.(*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here