BNNK Tana Toraja Gencarkan Sosialisasi Pencegah Disekolah, Sekaligus Tes Urine Pelajar

164
0
Handover (Humas BNNK Tana Toraja)

Updatekareba.Com, Toraja – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja gencar melakukan sosialisasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar.

Melalui Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di sekolah, penyalahguaan narkoba di kalangan pelajar diyakini dapat dicegah.

Hal itu mengemuka dalam diskusi dan kegiatan advokasi kebijakan P4GN, di sela pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan BNNK Tana Toraja di SMA Negeri 2 Tana Toraja dan SMA PGRI Ge’tengan, Jumat (31/1/2020).

“Para pelajar adalah masa dimana para siswa baru menginjak usia labil dan sangat mudah terpengaruh untuk mencoba hal baru. Adanya pembekalan sejak dini yang dikemas dalam kegiatan acara sekolah diyakini dapat menjadi benteng para siswa agar tak terjerumus dan bersentuhan dengan narkoba,” ujar Kepala BNNK Tana Toraja, AKBP Natalia Dewi Tonglo.

Namun yang lebih penting dari semuanya, terang Dewi Tonglo, yakni menanamkan budaya sehat baik jasmani dan rohani kepada para siswa sehingga menyadari bahwa narkoba hanya akan membawa keburukan.

Kepala BNNK Tana Toraja juga mengungkapkan, bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara untuk mempunyai program tersendiri dalam hal pencegahan terhadap peredaran dan penggunaan narkoba di sekolah.

“Tim kami akan terus melakukan penyuluhan secara masif agar generasi muda kita membentengi diri dari penyalahgunaan narkoba,” tambah Kepala BNNK Tana Toraja.

Dalam pelaksanaan sosialisasi dan edukasi bahaya seks bebas juga dilaksanakan tes urine bagi 51 orang siswa SMA Negeri 2 Tana Toraja.

Hasil deteksi dini penyalahgunaan Narkoba melalui tes urine adalah negatif dari Narkoba.

Sementara saat Test Urine di SMA PGRI Ge’tengan, terhadap 47 siswa dilakukan dengan melibatkan SATGAS ANTI NARKOBA yg sudah terbentuk di sekolah ini, hasil 47 siswa negatif.

Salah satu siswa, Vani, yang sempat diwawancarai sangat berterima kasih karena dengan adanya BNNK datang ke sekolah kami dapat mengetahui bahaya narkoba dan saat ini diadakan tes urin juga.

Bahkan dari pihak Kepala Sekolah PGRU Ge’tengan sangat mendukung dan support karena kami yakin bawa sekarang ini bahnya tantangan di luar sana oleh karena itu kami sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here