BNNK Tana Toraja Lakukan Penguatan Rehabilitasi Komponen Masyarakat

107
0
Handover (Humas BNNK Tana Toraja).

Updatekareba.Com, Toraja – BNNK Tana Toraja melaksanakan kegiatan penguatan lembaga rehabilitasi komponen Masyarakat Selasa 20 Oktober 2020 di ruang rapat lantai 2 BNNK Tana Toraja, yang dihadiri oleh 10 Orang, Selasa (20/10/2020).

Kegiatan ini dimaksudkan dilakukan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di lapangan serta memverifikasi lembaga mana saja yang siap untuk mendapatkan dukungan dan penguatan dari BNN.

Rapat verifikasi dipimpin langsung oleh Kepala BNNK Tana Toraja AKBP Natalya Dewi DT yang didampingi oleh Kasi Rehabilitasi Abdul Hafit M.

Diawal sambutan Kepala BNNK Tana Toraja mengapresiasi lembaga yang sudah memberikan pelayanan rehabilitasi rawat inap bagi penylahguna narkotika.

“Saya selaku kepala BNNK Tana Toraja mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Pemulihan Bethesda yang telah bersedia memberikan pelayanan rehabilitasi rawat inap sosial pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika dari tahun 2016 sampai sekarang,” kata AKBP Dewi Tonglo.

Diharapkan lewat pertemuan kita hari ini, akan ada lembaga lain seperti GBI Bethany dapat menyelenggarakan layanan bagi pecandu narkoba dalam bentuk rawat inap sosial maupun vocasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menverifikasi lembaga-lembaga yang ada yang nantinya akan direkomendasikan dalam usulan di tahun berikutnya kepada BNN untuk diberikan peningkatan kemampuan dalam hal penyelengaraan layanan rehabilitasi pecandu narkoba” Papar Dewi dalam sambutannya.

Dilanjutkan lagi bahwa berdasarkan UU Nomor Tahun Nomor 35 tahun 2009 pasal 58 bahwa Rehabilitasi sosial dapat dilaksanakan oleh Institusi Pemerintah/Masyarakat yang ditunjuk oleh Pemerintah.

Dalam hal ini, diharapkan Dinas Sosial dapat menfasilitasi pemberian ijin operasional bagi lembaga yang akan menyelenggarakan layanan rehabilitasi pecandu narkoba serta melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi pada lembaga-lembaga yang telah melaksanakan layanan rehabilitasi pecandu narkoba. sekaligus menfasilitasi pengajuan permohonan IPWL ke Kemensos.

Pada akhir kegiatan Kepala BNNK Tana Toraja menyampaikan Terima kasih atas fasilitas, dukungan dan kerjasama semua pihak yang telah membantu program rehabilitasi bagi pecandu narkotika dan korban penylahgunaan narkotika.

“Saya berharap kedepan masih ada instansi pemerintah dan lembaga milik Masyarakat yang bersedia untuk melakukan layanan rehabilitasi, agar Masyarakat Tana Toraja dapat hidup sehat tanpa penylahgunaan narkotika” Tutup Dewi.

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Kesbangpol Tana Toraja, Dinas Sosial Tana Toraja, LRKM Yayasan Pemulihan Bethesda, GBI Bethany.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here