BNNK Tana Toraja Tes Urine Siswa SMAN 2 Toraja Utara Dan SMA Katolik Rantepao

442
0
BNNK Tana Toraja lakukan tes urine di SMAN 2 Toraja Utara, Selasa (21/1/2020).

Updatekareba.Com, Toraja – Demi mencegah meningkatnya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tana Toraja rajin turun ke bawah menggelar sosialisasi dan tes urine dengan sasaran para pelajar.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara yang bersih narkoba.

BNNK Tana Toraja bekerjasama Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan siap melakukan tes urine di sekolah SMA/SMK.

Hal tersebut seperti yang dilakukan BNNK Tana Toraja dengan melakukan tes urine di SMAN 2 Toraja Utara dan SMA Katolik Rantepao, Selasa (21/1/2020).

Tes ini dilakukan untuk memastikan apakah pelajar tersebut menggunakan narkoba atau tidak.

Kepala BNNK Tana Toraja, AKBP Natalia Dewi Tonglo mengatakan, kegiatan tes urine tersebut untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada kalangan pelajar, sehingga mewujudkan lingkungan sekolah bebas dari Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Kegiatan tes urine ini adalah implentasi Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang P4GN sehingga tercipta lingkungan sekolah bersih dari penyalahguna dan peredaran gelap narkoba,” kata AKBP Natalia Dewi Tonglo, yang didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Tana Toraja, Marthen Sanda.

Kepala BNNK Tana Toraja juga berharap, pasca kegiatan ini  para pimpinan sekolah dan guru mampu mewaspadai serta mendeteksi siswanya yang kemungkinan terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

“Tes urine ini bukan menjadi tujuan akhir. Ini salah satu wujud sinergitas antara BNN dan sekolah untuk menciptakan sekolah bebas narkoba,” ucap Dewi Tonglo.

Ada 100 siswa yang diikut tes urine pada dua sekolah ini, dan hasilnya negatif.

“Ini bukti kesiapan lembaga sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah yang clean and clear. Tujuanya apa? Ketika siswa lulus dari sini mereka menjadi figur yang bersih, sampai dia ke perguruan tinggi dan bekerja tidak akan pernah menjamah barang yang namanya narkoba,” tegas Kepala BNNK Tana Toraja.

Tes urine dengan mendatangi sekolah secara acak akan terus dilakukan BNNK Tana Toraja.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here