BNNP SulSel Akan Tes Narkoba Calon Kepala Daerah

170
0
Handover (Humas BNNP SulSel).

Updatekareba.Com, Toraja – Kepala BNN Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen Pol.Drs.Idris Kadir,SH.M.Hum Menerima Komisioner Divisi Teknis KPU Kota Makassar M.Gunawan Mashar,SH beserta rombongan dalam rangka Audiensi sekaligus silaturahmi, di Ruang Rapat Kantor BNNP SulSel Jln.Manunggal 22 Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Kamis (6/8/2020)

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Umum BNNP Sulsel Jamaluddin,SKM., Kabid Pemberantasan Kombes Pol.Agustinus Sollu,SH.SS.M.Si, Kabid Rehabilitasi Sudaryanto,SKM.M.Kes beserta rombongan KPU Kota Makassar.

Dalam audiensi ini Komisioner KPU Kota Makassar akan menggandeng BNNP Sulsel untuk melakukan tes kesehatan terhadap calon kepala daerah pada Pilkada nantinya. Adapun pemeriksaan kesehatan pada calon kepala daerah, selain melibatkan BNNP Sulsel, KPU Kota Makassar juga akan bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan juga psikolog.

Semua calon pasangan bupati dan wakil bupati yang diusung partai politik maupun independen wajib mengikuti tes narkoba dan kesehatan yang dilakukan tim BNN, IDI dan Psikolog.

Kemungkinan pemeriksaan tes narkoba dan kesehatan akan dilakukan tanggal 04-11 September 2020 mendatang atau setelah mendaftar calon bupati dan wakil bupati ke KPU setempat.

Divisi Teknis KPU Kota Makassar M.Gunawan Mashar,SH mengatakan pemeriksaan tes narkoba dan kesehatan tentu sangat penting untuk mengetahui pasangan bupati dan wakil bupati mereka benar-benar sehat jasmani dan rohani. Selain itu juga terbebas dari penggunaan narkoba maupun obat terlarang lainnya.

” Apabila, mereka calon bupati dan wakil bupati terpilih bebas narkoba juga tidak mengidap penyakit akut tentu bekerja akan maksimal untuk melayani masyarakat. Namun, apabila dalam pemeriksaan yang melibatkan BNN, IDI dan Psikolog dinyatakan positif narkoba maupun memiliki riwayat gangguan kesehatan bersifat akut maka bisa digugurkan dari peserta kepala daerah tersebut,” Ujar M.Gunawan.

Ditempat yang sama Kepala BNN Prov.Sulsel Brigjen Pol.Drs.Idris Kadir,SH.M.Hum mengatakan BNNP Sulsel Siap untuk mendukung kegiatan KPU Kota Makassar dalam kegiatan Pemeriksaan Kesehatan khususnya pemeriksaan tes narkoba bagi calon kepala daerah.

“BNNP Sulsel berharap calon yang tepilih nantinya benar benar steril dan diharapkan bisa menjadi pelopor dalam program pelaksanaan P4GN di Sulawesi Selatan, untuk mendukung upaya itu BNNP Sulsel siap terlibat, kami akan siapkan tenaga dan TIM BNNP Sulsel dalam kegiatan tersebut. Serta pihaknya secara teknis sudah siap melakukan tes narkoba kepada para calon kepala daerah yg sudah ditetapkan oleh KPU Kota Makassar,” Kata Kepala BNNP Sulsel.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here