BNNP SulSel Buat Pembinaan Teknis Petugas Intervensi Berbasis Masyarakat (PBM) di Kelurahan Tamarunang

481
0
Handover (Humas BNNP SulSel).

Updatekareba.Com, Makassar – untuk mengsukseskan pelaksanaan program Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM) tahun 2020.

Bidang Rehabilitasi BNNP Sulawesi Selatan melaksanakan pembinaan teknis bagi personil Kecamatan dan Kelurahan yang menjadi sasaran program kelurahan bersinar tahun 2020.

Sebagaimana diketahui bahwa program kelurahan bersinar merupakan bingkai program P4GN yang didalamnya terdapat beberapa program pendukung yakni program penceghan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dengan konsep Pemulihan Berbasis Masyarakat hingga program pemberantasan peredaran gelap Narkotika melalui penegakan hukum.

Kegiatan pembinaan teknis dilaksanakan dengan menghadirkan para relawan dari Kelurahan Tamarunang sebanyak enam orang, Rabu (25/2/2020) kemarin.

Keenam orang ini diberikan pembekalan tentang Intervensi Berbasis Masyarakat, SIL (screening Intervensi Lapangan), pemulihan berbasis masyarakat (PBM), pencegahan kekambuhan dan ditutup dengan diskusi mengenai persiapan penerapan Intervensi Berbasis Masyarakat di Kelurahan Tamarunang.

Dalam paparannya Sudarianto menjelaskan bahwa program Rehabilitasi di BNN untuk tahun 2020 mendapat masukan konsep baru dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat dan sekaligus mendekatkan layanan ke masyarakat, dimana masyarakat dilatih untuk menemukan pecandu di lingkungannya.

“Kemudian masyarakat dapat memberikan intervensi berupa screening untuk menemukan dan mengidentifikasi pecandu berdasarkan jenis narkotika yang disalahgunakan dan tingkat kecanduan seseorang di lingkungnnya dan dapat memberikan layanan konseling dasar kepada pecandu yang ditemukan,” kata Sudarianto.

Semoga upaya partisipatif dari masyarakat dapat mengurangi kebutuhan Narkotika dari pecandu dan mematikan pasar gelap Narkotika di tanah Air kita tercinta.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here