BNPT Gunakan Soft Power Cegah Radikalisme di Dunia Maya

107
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggunakan kekuatan lembut (soft power) untuk mencegah radikalisme dan terorisme yang semakin marak di dunia maya.

Kepala BNPT Komjen Pol. Boy Rafli Amar menjelaskan salah satu bentuk langkah tersebut adalah dengan melakukan inovasi platform digital BNPT TV Channel yang dirilis pada Desember 2020.

“Maraknya paham radikal dan propaganda di dunia maya menjadi salah satu fokus BNPT dalam melawan propaganda radikalisme intoleran dan terorisme, baik melalui media elektronik maupun media sosial. Untuk itu, BNPT TV hadir sebagai langkah pendekatan soft power untuk mencegah radikalisme dan terorisme di tanah Air,” tutur Kepala BNPT dalam keterangannya di laman resmi bnpt.go.id pada Sabtu (1/5/2021).

Lebih lanjut Kepala BNPT menjelaskan platform TV digital dan website ini memiliki program-program informatif, mulai dari pencegahan hingga deradikalisasi BNPT, dengan menjunjung tinggi nilai kebangsaan.

Selain itu, kata dia, BNPT TV Channel juga menggandeng sejumlah tokoh populer atau public figure dan tayangan di dalamnya cocok ditonton seluruh kalangan masyarakat.

Terobosan ini menurutnya menjadi salah satu alasan BNPT TV Channel menerima penghargaan Gatra Innovation Awards 2021 atas inovasi bidang Edukasi, Kontra radikalisme, dan Deradikalisasi melalui media digital.

Dia berharap terobosan ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat sehingga imunitas masyarakat meningkat untuk melawan paham maupun ideologi radikal.

“Di harapkan mampu meningkatkan dan membuka wawasan dan pemahaman masyarakat terkait dengan fenomena penyebarluasan paham ideologi terorisme yang hari ini terjadi dalam masyarakat kita,” tutur Kepala BNPT. (*/UK).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here