BPK AKAN PERIKSA PEMPROV & PEMKAB SE SULSEL

250
0

Updatekareba.Com, Toraja – Memasuki awal tahun 2019, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bersiap untuk melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun daerah.

Dalam rilisnya, Humas BPK Pusat menjelaskan sesuai dengan tugas dan wewenang BPK yang disebutkan dalam UU No. 15 Tahun 2006 tentang BPK, yaitu BPK bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara lainnya, Bank Indonesia, Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, Badan Usaha Milik Daerah, dan lembaga atau badan lain yang mengelola keuangan negara.

Pemeriksaan atas pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga) dilakukan oleh BPK Pusat, sedangkan pemeriksaan atas pemerintah daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) dilakukan oleh BPK Perwakilan yang ada di setiap provinsi.

Dalam rilis ini juga disampaiakan selain melakukan pemeriksaan keuangan, BPK juga melakukan pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.

Kedua jenis pemeriksaan ini tidak rutin dilakukan di setiap entitas pemeriksaan, tetapi berdasarkan rencana kerja dan prioritas pemeriksaan yang disusun di awal tahun.

Pemeriksaan ini umumnya dilakukan di semester II setiap tahun, karena di semester I fokus pemeriksaan BPK adalah laporan keuangan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here