Bupati Ombas Pakai Jaksa Negara Lakukan PK Kasus Lapangan Gembira Rantepao di MA

446
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara menggandeng jaksa pengacara negara Kejaksaan Negeri Tana Toraja untuk melakukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap perkara kasus Lapangan Gembira, Rantepao di Mahkama Agung (MA).

Menurut Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang bahwa pihaknya melalui bagian hukum Setda Toraja Utara akan menindaklanjuti adanya pemalsuan berkas terkait perkara yang ada di Lapangan Gembira Rantepao.

“Saat ini telah dilakukan rapat koordinasi pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara bersama Kejaksaan Negeri Tana Toraja untuk membangun kerjasama sekaligus memperpanjang MoU kerjasama dalam penanganan masalah hukum yang ada di Toraja Utara dan tadi juga saya sudah perintahkan bagian hukum Toraja Utara untuk berkomunikasi dengan jaksa pengacara negara,” terang Yohanis setelah melakukan rapat koordinasi yang digelar di aula kantor gabungan dinas Marante, Kamis (3/6/2021).

Ombas sapaan akrabnya, meminta kepada bagian hukum agar perkara lapangan gembira, menggunakan pengacara negara.

“Kita harapkan masih ada ruang untuk pemerintah Toraja Utara untuk membela kepentingan rakyat dalam hal ini kita mengajukan PK. Doakan ya”harap Ombas.

Ditambahkan Ombas, selain mengajukan PK, juga akan menindaklanjuti laporan pemalsuan berkas yang selama ini dilaporkan ke di Kabupaten Tana Toraja, dimana selama ini laporan itu berada di Polres Tator.

“Pemalsuan berkas yang ada di Polres Tana Toraja, akan ditindaklanjuti dengan meminta kepada Polres Torut, karena waktu itu kita masih satu Polres di Tana Toraja, dan sekarang Toraja Utara telah mempunyai Polres maka saya minta bagian hukum supaya dokumennya dialihkan ke Polres Toraja Utara, maka akan lebih efektif jika laporannya ada disini juga,” kunci Ombas

Sementara Kepala Kejari Tator, Jefri P. Makapedua, mengapresiasi Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang juga Pemkab Torut, dimana di awal masa pemerintahannya menggandeng Kejaksaan Negeri untuk melakukan perpanjangan kerjasama.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Bupati Toraja Utara ini apalagi di masa pemerintahan Bupati pertama kali langsung menggandeng kami dan melakukan perpanjangan kerjasama di bidang perdata dan tata usaha negara. Tentu kami sangat mengapresiasi sekali dan ini menjadi semangat juga dukungan buat kami untuk lebih giat dan lebih bekerja keras lagi di dalam membantu Pemerintah Kabupaten Toraja Utara,” ungkap Jefri.

Terkait dengan beberapa gugatan termasuk gugatan lapangan gembira, Lanjut Jefri, perkara tersebut sedang berjalan, kami sudah masuk ke tahap PK dan dengan dilakukannya PK ini kita mohon dukungan dan doa tentunya, sehingga kita bisa dapat mempertahankan hak-hak masyarakat di sini.

Tujuannya, kata Jefri, agar lapangan gembira itu tidak beralih hak dan tetap menjadi milik pemerintah Toraja Utara.

“Itu lagi kami upayakan di tingkat PK, kalaupun nanti atau apapun hasilnya tentu Jaksa pengacara negara Kejari Tator itu tidak akan berhenti dan akan terus memperjuangkan hak-hak masyarakat kita disini,” kuncinya.

Sebagai informasi, rapat MoU kesepakatan bersama antara Pemerintah Daerah Toraja Utara No.12/NKB/VI/2021 dengan Kejaksaan Negeri Tana Toraja No.B.769/P.4/26/GS .I/ VI/2021 tentang penanganan masalah hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.(*/UK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here