Bupati Tana Toraja Juga Sambut Ratusan pengungsi dari Wamena Di Makale

154
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Para pengungsi dari Wamena yang berjumlah 153 orang tiba di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (6/10/2019) pagi.

Para pengungsi ini selama tiga hari melakukan perjalanan dari Papua ke Makassar menggunakan Kapal Ciremai di Pelabuhan Soekarno Hatta, Sabtu (5/10/2019).

Ke 153 orang ini tiba di Toraja dengan menggunakan delapan bus dan disambut langsung Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae.

“Pelayanan maksmimal dengan hati akan dilakukan Pemkab Tana Toraja kepada para pengungsi Wamena asal Toraja,” kata Nicodemus Biringkanae.

Bupati Nicodemus secara khusus menghampiri anak – anak dari para Pengungsi kerusuhan Wamena ini dan mengajak anak – anak ini bermain dan bernyanyi.

“Untuk anak-anak pengungsi yang ingin bersekolah akan dijamin dan dimudahkan, Saya jamin anak-anaknya selama ada di sini, dengan mudah bisa sekolah, jadi tidak sulit,” ujar Bupati Nicodemus.

Penanganan selanjutnya adalah penanganan trauma dari peristiwa rusuh yang terjadi.

Pihak Polres Tana Toraja pun juga ikut menurunkan personel Polwan untuk melakukan Trauma Healing kepada para pengungsi yang tiba di Toraja.

Dari data awal yang diterima redaksi Updatekareba.Com, ada sekitar 900 jiwa warga Toraja yang sudah diungsikan baik melalui jalur pemerintah maupun insiatif keluarga pengungsi.

Sementara untuk total pengungsian Dari informasi yang diterima, sedikitnya 2000an jiwa memilih mengungsi ke Jayapura, yang merupakan penduduk dari tiga kabupaten yakni, Jayawijaya, Yalimo dan Tolikara.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here