Bupati Tana Toraja Lakukan Mutasi Pejabatnya, Salah Satunya dr. Rudhy Andi Lolo

3871
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae, membuat kejutan dengan melantik mantan Dirut RSUD Lakipadada, dr.Rudhy Andi Lolo sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja sekaligus Dokter Ahli Madya di RSUD Lakipadada.

Pelantikan ini dilakukan di ruang pola kantor Bupati Tana Toraja, Selasa (7/1/2020).

dr.Rudhy Andi Lolo merupakan salah satu figur Toraja yang aktif mensosialisasikan diri untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati Tana Toraja pada Pilkada serentak tahun ini.

Bupati Nicodemus Biringkanae dalam sambutannya mengatakan bahwa pelantikan yang dilakukan malam ini bukan karena ada unsur politik, murni karena kebutuhan pemerintahan untuk membawa Tana Toraja menjadi lebih baik.

“Pelantikan ini tidak terkait dengan politik, tetapi pelantikan ini untuk membangun suatu kebersamaan kerja dalam menghadirkan Tana Toraja menjadi Toraja Maelo,” kata Nicodemus Biringkanae.

Dalam kesempatan ini pula Bupati Nico menegaskan persoalan mutasi ini berdasar pada penilaian kinerja.

“Dan saat ini juga saya tegaskan, mutasi pejabat tetap akan saya laksanakan bulan Maret 2020 mendatang, soal aturan dari Bawaslu jangan dipengal – penggal aturannya, dan itu dijamin undang – undang,” ungkap Bupati Tana Toraja.

Dalam pelantikan ini ada ratusan pejabat eselon II, III dan IV yang dilantik. Salah satunya Yurinus Tangkelangi dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, sementara pejabat lama Sumartin digeser menjadi Staf Ahli.

Sementara berdasarkan peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2015 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-undang.

Pasal 71 ayat 2 menyebut Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Wali kota dilarang melakukan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai, dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri.

Pelaksanaan penetapan pasangan calon peserta pemilihan tahun 2020 yaitu tanggal 8 Juli 2020 berdasarkan lampiran peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here