Bupati Toraja Utara Berkunjung Ke Lembang Terpencil Dan memantau Kawasan hutan lindung

299
0
Handover (Diskominfo Toraja Utara).

Updatekareba.Com, Toraja – Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama Kapolres Toraja Utara AKBPBYudha Wirajati Kusuma melaksanakan kunjungan kerja ke Lembang Parodo, Kecamatan Baruppu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (19/4/2020).

Dalam kunjungannya Bupati memantau infrastruktur yang sudah termasuk dalam kategori rusak berat dan memerlukan penanganan dengan segera namun permasalahan infrastruktur tersebut sudah di rumuskan dalam RPJMD tahun anggaran 2021 yang telah melalui Musrembang RKPD Kabupaten Toraja Utara yang dilaksanakan ada 17 April 2020 lalu di Kantor Pemda Toraja Utara Marante.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan mengatakan penangan infrastruktur ini termasuk dalam skala prioritas karena merupakan urat nadi penentu dalam menggerakkan perekonomian di Lembang Parodo Kecamatan Baruppu.

“Hal ini dianggap penting karena di Kecamatan Baruppu ini banyak komoditi yang menunjang seperti kopi arabika toraja pulu-pulu banyak diminati para pencinta kopi mancanegara dan sudah sering menjadi juara di berbagai kontes kopi di dalam maupun luar negeri , selain itu Terong Belanda, Alvokad dan Umbi Keladi dalam bahasa daerah upe juga menjadi potensi daerah ini,” kata Kalatiku Paembonan.

Bupati Toraja Utara juga melanjutkan hal lain yang menjadi perhatian dalam kunjungan ke daerah yang berhawa dingin ini adalah pengamanan wilayah hutan dan pengawasan lingkungan hidup karena daerah ini merupakan hulu beberapa sungai besar di sulawesi selatan sebagai sumber pangan nasional.

“lembang parodo ini menjadi jalur utama kegiatan perekonomian masyarakat di baruppu jadi pengembangan infrastruktur nantinya akan dikawal secara ketat” Ucap Kalatiku Paembonan

“selain infrastruktur kita juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan dan pengbangan seni budaya didaerah yang langsung berbatasan dengan provinsi sulawesi barat serta kabupaten luwu utara”, tambahnya.

Dalam kunjungannya Bupati Toraja Utara di dampingi Kapolres Toraja Utara AKBP Yudha Wirajati Kusuma dan jajaran, Kepala KPH Saddang II Gazali bersama jajaran Polisi Kehutanan, Camat Baruppu, Camat Buntu Pepasan Sekretaris DisKominfo , serta komunitas offroad IOF toraja utara yang disambut oleh Kepala Lembang setempat, tokoh masyarakat dengan gembira dan mengharapkan agar perhatian ini bisa terwujud dan terlaksana sesuai RKPD tahun anggaran 2021.

Hadir pula tokoh pemuda yang juga Wakil Ketua KNPI Toraja Utara, Julianto Raya Palimbong.

Lembang Parodo Kecamatan Baruppu yang merupakan lembang perbatasannyang terjauh dan terpencil di Kabupaten Toraja Utara.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here