Bupati Toraja Utara Support Saka Wanabakti KPH Saddang II Ikut Pertikawan Nasional 2019

119
0
Anggota Pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II Kwarcab Toraja Utara saat latihan.

Updatekareba.Com, Toraja – Bagi pegiat Satuan Karya (Saka) tentunya sudah tidak asing dengan kegiatan Perkemahan Bakti Saka (Pertika).

Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti mempunyai kegiatan Perkemahan Bakti yang disebut sebagai Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti disingkat Pertikawan, terdiri dari tingkat Regional dan Nasional.

Adapun Pertikawan Nasional tahun 2019 sesuai dengan Surat Pemberitahuan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan diselenggarakan pada bulan November 2019, tepatnya pada tanggal 18 s/d 25 November di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, pun mendukung penuh Saka Wanabakti KPH Saddang II Kwarcab Toraja Utara untuk ikut serta dalam event nasional pramuka ini.

“Kita Pemkab Toraja Utara siap mendukung Pramuka Saka Wanabakti ikut Pertikawan Nasional tahun ini, dan dukungan ini juga kami berikan dalam bentuk bantuan anggaran, karena ini salah satu pemberdayaan generasi muda Toraja Utara,” kata Kalatiku Paembonan, saat menerima pengurus Saka Wanabakti KPH Saddang II diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Sementara Ketua Kwarcab Pramuka Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, juga mendukung penuh keikutsertaan Saka Wanabakti KPH Saddang II dalam Pertikawan Nasionaltahun 2019 ini.

“Kwarcab akan membentu persiapan ke Cibubur, kita akan support penuh,” ungkap Yosia Rinto Kadang yang juga Wakil Bupati Toraja Utara.

Anggota Pramuka Saka Wanabakti KPH Saddang II untuk kegiatan nasional ini mengirimkan anggotanya yang berasal dari ambalan penegak di daerah plosok Toraja Utara.

“Pertikawan tahun ini untuk Saka Wanabakti KPH Saddang II didominasi dari ambalan daerah plosok, seperti dari Buntu Pepasan,” kata Ketua Saka Wanabakti KPH Saddang II yang juga Kepala KPH Saddang II, Gazali D. Ichaan.

Pertikawan 2019 ini Didukung sepenuhnya oleh Kementeriah Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tahun 2018 telah diselenggarakan Pertikawan Regional yang meliputi Bali Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Papua.

Pihak Kementerian KLHK berharap melalui Pertikawan, generasi muda pramuka akan menjadi pioner dan teladan yang menerapkan prinsip hidup ramah lingkungan hingga ke generasi berikutnya.

Sebagaimana publikasi awal dari Pertikawan Nasional 2019 ini, Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti telah sepakat mengangkat tema Lestarikan Bumi, Sejahterakan Masyarakat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here