DELEGASI INARCELL ACADEMY KUNJUNGI PUSAT DATA INFORMASI DAN SOSIAL MEDIA CENTER BNN RI

157
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Di hari ke 6 Pelatihan Internasional bagi Penegak Hukum Narkotika atau yang disebut dengan “International Training For Law Enforcement” (INARCELL ), seluruh delegasi diajak berkunjung ke Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat. Sebanyak 34 delegasi _INARCELL ACADEMY_ datang mengunjungi beberapa fasilitas yang dimiliki BNN yang terletak di Cawang, Jakarta Timur.

Dalam kunjungan tersebut, para delegasi _INARCELL ACADEMY_ diperkenalkan kepada Sosial Media Centre (SMC), tempat dimana BNN memonitor aktifitas media social terkait issue penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. Para delegasi Juga dijelaskan dengan system kerja SMC dan media social BNN yang digunakan Deputi Bidang Pencegahan untuk menyebarluaskan informasi bahaya narkoba kepada seluruh pengguna media social.

Dari SMC, para delegasi diajak untuk berkunjung ke Pusat Penelitian data dan Informasi (Puslitdatin) BNN. Didampingi oleh Kepala Puslitdatin, Agus Irianto, peserta diajak untuk mengenal lebih dekat teknologi informatika apa saja yang dimiliki BNN dalam menunjang upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) selama ini.

“Selamat datang dikantor kecil kami, kami sebut kantor ini kecil bagi anda semua. Tapi disini lah semua hal kami lakukan”, ujar Agus saat menyambut kedatangan delegasi _INARCEL_ _ACADEMY_

Agus sedikit memberi gambaran fasilitas apa saja yang dimiliki Puslitdatin sebagai pusat analisa data yang menjadi dasar penentu kebijakan BNN dalam upaya P4GN. Di ruangan yang dipenuhi oleh monitor dan server tersebutlah BNN melakukan penelitian dan analisa data seperti angka prevalensi, hingga dampak penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Dalam paparannya, Agus menyampaikan seberapa canggih system tracking yang dimiliki oleh BNN yang dapat membantu tim pemberantasan menemukan identitas seseorang.

“Seluruh aplikasi ini mempermudah kami mengumpulkan data, baik data global maupun data pribadi seseorang” jelas Agus.

Delegasi _INARCELL ACADEMY_ masih akan mendapatkan berbagai materi pelatihan hingga tiga hari kedepan. Kegiatan ini diharap mampu meningkatkan pemahaman yang sama tentang permasalahan jaringan dan profiling serta situasi terkini narkotika secara nasional maupun internasional.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here