Dewan Pertimbangan Presiden RI Melayat ke Rumah Duka Den Upa’ Rambelayuk di Tana Toraja

1975
0
Watimpres bersama tim kajian melayat ke rumah duka Den Upa' Rambelayuk di Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Rabu (28/8/2019) kemarin

Updatekareba.Com, Toraja – Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bersama tim kajian pembudayaan Pancasila melayat ke rumah duka almarhum Den Upa’ Rambelayuk, di Tanete Kindan, Lembang Madandan, Kecamatan Rantetayo, Kabupaten Tana Toraja, Rabu (28/8/2019) kemarin.

Anggota Watimpres Nia Syarifuddin beserta tim langsung memasuki ruangan jenazah tempat almarhum disimpan sementara.

Suasana haru dan sedih terlihat diwajah Nia bersama Mbak Kunti yang juga anggota Watimpres.

Menurut Nia, almarhum Den Upa’ merupakan sosok teman seperjuangannya disejumlah organisasi kala itu.

“Kami bergerak bersama di Aliansi Nasional Binneka Tunggal Ika (ANBTI) saya dan Den Upa’ deklator Gus Dur,” kata Nia.

Nia bersama-sama almarhum bergerak diberbagai kegiatan saat itu. Salah satunya di ANBTI (Aliansi Nasional Binneka Tunggal Ika). Almharhum adalah deklaratornya bersama Gus Dur. ANBTI terbentuk kareba kindisi indonesia yang sudah memprihatinkan. Mereka bersama dalam banyak kegiatan mereka

“Almarhum merupakan salah satu aktivis perempuan nasional asal Toraja,” ungkap Anggota Watimpres Jokowi ini.

Sementara, mbak Kunti yang juga anggota Watimpres menyampaikanalmarhum Den Upa’ adalah sosok yang berani berpendapat dalam setiap pertemuan menyikapi kondosi negara, sosial masyarakat dan budaya.

“Saya bersama almarhum, bekerja bersama selama dua periode di KOMNAS PEREMPUAN dan organisasi lainnya, dan selama di komnas PEREMPUAN selalu mendampingi PEREMPUAN AMAN dan juga bersama menyusun draf RUU Masyarakat Adat,” kenang Mbak Kunti.

Hadir pula dalam kunjungan ini Sekretaris Watimpres, Julie Trisnadewi yang ikut melayat ke rumah duka Den Upa’ Rambelayuk.

Watimpres bersama tim melayat kerumah duka setelah setelah menggelar pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja dan Pemkab Toraja Utara.

Saat pertemuan yang digelar di Ruang Pola, Kantor Bupati Tana Toraja, Watimpres dan tim kajian pembudayaan Pancasila untuk mempelajari kebudayaan Toraja. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here