Dilantik Jadi Pjs Bupati Toraja Utara, Ini Pesan Amson Padolo

471
0
Handover (Humas Pemprov SulSel).

Updatekareba.Com, Toraja – Setelah dilantik sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Toraja Utara, Amson Padolo, ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral menghadapi Pilkada desember mendatang.

Amson menyampaikan, sesuai surat penunjukan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) ada enam tugas dan fungsi yang harus dijalankan oleh Pjs, salah satunya adalah memfasilitasi pelaksanaan Pilkada serta menjaga netralitas ASN.

“Jadi saya tegaskan bahwa ASN tidak bole terlibat dalam politik, sehingga posisi ASN harus netral,” ungkapnya, Minggu (27/9/2020)

Kepala Diskominfo Pemprov Sulawesi Selatan ini menambahkan, untuk menciptakan Pilkada yang aman dan berintegritas, maka dirinya akan melakukan konsulidasi ditingkat SKPD, TNI/Polri, KPU dan Bawaslu, agar sama-sama mengawal jalannya Pilkada yang aman, santun dan bermartabat, sehingga hak politik masyarakat bisa terwujud.

“Pilkada ini ajang mencari pemimpin, jadi mari kita sama-sama tebarkan kebaikan, hindari isu hoax, jangan tebar ujaran kebencian, agar wujud kebersamaan dan toleransi bisa terjaga dengan baik,” harapnya.

Kadis Kominfo ini juga berharap, saat ini seluruh dunia menghadapi penyebaran Covid-19, olehnya itu disetiap tahapan Pilkada para Paslon harus mampu memberikan edukasi terhadap masyarakat betapa pentingnya penerapan protokol kesehatan, sehingga Pilkada Toraja Utara sukses dan masyarakatnya juga sehat.

“tugas saya sebagai Pjs Bupati akan terus berupaya bersama SKPD untuk melakukan pencegahan, sehingga Toraja Utara bisa keluar dari penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Sementara Gubernur Sulawesi Selatan,  Nurdin Abdullah menekankan ke tujuh pejabat sementara (Pjs) Bupati yang dilantik untuk mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, berjalan baik dan lancar serta tetap mengsialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulsel saat mengukuhkan tujuh Pjs ditujuh daerah yang melaksanakan pilkada serentak yaitu, Kabupaten Gowa, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Soppeng, Tana Toraja serta Toraja Utara, di Rujab Gubernur,  Jl Sungai Tangka Sabtu (26/09/2020).

Nurdin Abdullah mengatakan beberapa tugas penting harus menjadi perhatian Pjs, termasuk terus melakukan langkah dalam menekan penyebaran covid-19.

“Tugas utama Pjs memang sangat berat, apalagi dimasa pandemi covid-19, diantaranya  betul-betul pelaksanaan pilkada ini dikawal dengan baik dengan protokol kesehatan secara ketat sehingga tidak terjadi penambahan kasus covid, yang kedua akan menetapkan APBD oleh karena itu kita sudah pesankan kepada seluruh bupati sebelum cuti agar dirampungkan penyusunan RAPBD nya agar pejabat sementara tidak mengotak-atik APBD itu,” ucapnya.

Ia menyebutkan seluruh Pjs harus segera melakukan konsolidasi dengan unsur forkopimda daerah, tokoh masyarakat adat,  KPU, Panwas serta unsur terkait lainnyan untuk menyamakan langkah.

“Mereka harus bergerak cepat melakukan konsolidasi dengan semua pihak terkait untuk menyamakan langkah, untuk bersama-sama mengawal dan mengsukseskan pesta demokrasi ini agar berjalan baik dan lancar sesuai aturan,” sebutnya.

Mantan Bupati Bantaeng ini menambahkan agar netralitas ASN tetap terjaga.

“Netralitaa ASN sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan,” pungkasnya.

Diketahui Pengisian 7 Pjs Bupati sesuai dengan Surat Keputusan dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri), untuk mengisi dan memimpin pemerintahan selama bupati pertahanan cuti dalam pilkada.

Adapun  7 Pjs Itu adalah :

1. Asisten 1 Bidang Pemerintahan Andi Aslam Patonangi sebagai Pjs Bupati Gowa
2. Kepala Kesbangpol  sulsel Asryadi Sulaiman sebagai Pjs Bupati Selayar
3. Kepala DPMPTSP Jayadi Nas sebagai Pjs Bupati Luwu Timur
4. Staf Ahli Gubernur Iqbal Suaeb sebagai Pjs Bupati Luwu Utara
5.Kepala Biro Umum Idham Kadir sebagai Pjs Bupati Soppeng
6. Kepala BPSDM Sulsel  Asri Sahrun Said sebagai Pjs Bupati Tana Toraja
7. Kadiskominfo  Amson Padolo Sebagai Pjs Bupati Totaja Utara.(*/UK)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here