DIPA Tahun 2022 sebesar Rp.772.67 M diserahkan lebih awal ke seluruh Satker Mitra Kerja KPPN Makale

70
0

Updatekareba.Com, Toraja – Setelah dilaksanakanannya Prosesi Penyerahan DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022 oleh Presiden yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2021 yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyerahan DIPA TA 2022 oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan kepada Kepala Daerah dan Kepala Satker/KPA di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, dengan didampingi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan, yang telah dilaksanakan pada tanggal 3 Desember 2021.

Guna menindaklanjuti penyerahan DIPA di daerah. KPPN Makale menyelenggarakan acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Petikan Tahun 2022 disesertai dengan pendandatanganan Pakta Integritas dan pernyataan komitmen Pelaksanaan Anggaran TA 2022 pada tanggal 8 Desember 2021 yang bertempat di Aula KPPN Makale.

Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan untuk menghindari terjadinya penyebaran varian baru COVID-19, acara dilaksanakan dalam 2 batch yang dihadiri oleh 37 Satker mitra kerja KPPN Makale.

DIPA merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi K/L dan Kepala daerah dalam melaksanakan berbagai program pembangunan secara kolaboratif, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Fokus APBN kita di tahun 2022 akan melanjutkan dukungan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural dalam rangka penguatan fondasi ekonomi Indonesia baik itu melalui reformasi penguatan kelembagaan, deregulasi, debirokratisasi. Secara Keseluruhan belanja Negara dalam APBN Tahun 2022 sebesar Rp. 2.714,2 Triliun, dialokasikan ke wilayah kerja KPPN Makale sebesar 772.67 Miliar, yang terdiri dari pagu belanja K/L sebesar Rp. 339,39 Miliar kepada 37 Satker (13 K/L) dan alokasi DAK Fisik dan Dana Desa Sebesar Rp. 443,28 Miliar untuk 2 Kabupaten yakni Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Diharapkan dengan telah diterimanya DIPA TA 2022 lebih awal sebelum waktu pelaksanaan APBN, Satuan Kerja Mitra Kerja KPPN Makale dapat melakukan langkah-langkah akselerasi pelaksanaan anggaran tanpa harus menunggu Januari 2022, sebagaimana dituangkan dalam pernyataan komitmen Pelaksanaan Anggaran TA 2022 sehingga kegiatan dapat dilaksanakan segera di awal tahun 2022 dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran serta optimalisasi peran belanja pemerintah yang lebih berkualitas.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here