Diskusi Online Mahasiswa Toraja Se-Pulau Jawa Pandemi Covid-19

191
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta – Organisasi Mahasiswa Toraja Se-Pulau Jawa melaksanakan diskusi online menanggapi pandemic Covid-19, Senin (11/5/2020). Diskusi yang di moderator oleh Alan Christian Singkali melibatkan total enam perwakilan organisasi.

Ke enam organisasi tersebut yakni Enos Patiung dari KMST (Surabaya), Hans Gustavian Taruk dari IKAPMAJAYA (Yogyakarta), Rivaldo Kalalinggi dari PKMST (Salatiga), Sumarto Esa Kobba (Astor Bandung), Charles Lobo (HMTJ Jabodetabek), Oktavina Daunallo & Hero Luden (HMTC Ciputat).

Rikky Rundupadang pada sambutannya membuka diskusi menjelaskan bahwa diskusi ini agar sesame mahasiswa toraja bisa menyalurkan aspirasi kepada pemerintah dan pihak-pihak terkait mengenai kondisi yang dialami oleh mahasiswa Toraja.

“Aktivitas mahasiswa selama pandemic Covid-19 yakni belajar secara online memiliki banyak keterbatasan. Dosen yang memberikan tugas yang menumpuk mengira mahasiswa memiliki waktu yang cukup” ungkap Enos.

Salah satu narasumber lainnya yakni Rivaldo (PKMST Salatiga) berharap agar pemerintah kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara memperhatikan mahasiswa yang domisili KTP Toraja, dikarenakan mahasiswa perantauan cukup sulit mengakses bantuan social dari pemerintah setempat dikarenakan domisili.

Peserta yang hadir diskusi juga berharap agar setiap organisasi-organisasi Mahasiswa Toraja melakukan pendataan anggota melalui data base organisasi dan coordinator kampus melalui media social.

Senior yang hadir yakni Panca Sarungu memberikan saran agar diskusi online kedepannya bisa ditingkatkan menjadi pelatihan online dengan tema yang sesuai peminatan peserta, misalnya Pariwisata, Pendidikan atau bidang lainnya yang dapat mendukung sector negeri Indonesia khususnya di Toraja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here