DISKUSI PDkT TORAJA UTARA VIA ZOOM: MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID-19

222
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia juga Indonesia menimbulkan kejutan dan perubahan dalam pola hidup dan kebiasaan yang selama ini dilakukan, bahkan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat. Rasa kecemasan ini menghantui kehidupan manusia.

Menurut Nidel Moukaddan, seorang dosen psikiatri dari Baylor College of Medicine, pandemi Covid-19 bukan hanya fenomena terkait kesehatan atau medis, tetapi bisa menyebabkan gangguan kesehatan jiwa atau mental.

Sehubungan dengan itu PDkT Toraja Utara bersama Ikatan Alumni SMANSA (IKASMANSA) Toraja Utara mengadakan diskusi online via Zoom untuk umum dan gratis pada hari Sabtu, 1 Agustus 2020.

Adapun Topiknya adalah MENJAGA KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMI COVID-19, dengan narasumber Dr. Diana (Ella) Papayungan, Sp. KJ, seorang Dokter Fungsional Psikiater RSUD Depok, dengan Moderator dan Host adalah Dr. dr. Siswanto Pabidang, SH, MM, sebagai Founder PDkT Toraja Utara dan Ketua Umum IKASMANSA
Toraja Utara.

Dalam pemaparannya Dr. Diana (Ella) Papayungan, Sp. KJ, mengutip defenisi WHO, mengatakan bahwa kesehatan mental sebagai kondisi dari kesejahteraan yang disadari individu dengan kemampuan mengelola stress yang wajar, bekerja produktif, dan bergerak dalam komunitasnya.

Sehat dan sakit merupakan kondisi biopsikososial yang menyatu dalam kehidupan manusia, dan saling mempengaruhi.

Adapun kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang.

Tidak semua individu siap dan dapat beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19. Dari hasil swaperiksa memberikan gambaran masalah kesehatan jiwa terkait pandemi Covid-19 terdiri tiga gangguan utama yaitu cemas, depresi, dan trauma psikologis.

Selanjutnya Dr. Ella sapaan akrabnya yang lulusan FK UNHAS dan PPDS Psikiatri FK UI, memberikan tips-tips untuk menjaga kesehatan mental dalam masa pandemi Covid-19 ini yaitu: menjaga kondisi Psychological well being, berdamai dengan Covid-19 dengan makna adanya perubahan fundamental dalam mindset maupun perilaku aktivitas sehari-hari, dan menerima keadaan new normal atau adaptasi baru dengan harapan bahwa kita akan terbebas dari pandemi Covid-19 ini.

Demikianlah Diskusi Online Via Zoom yang kedua oleh PDkT Toraja Utara bersama Ikasmansa Toraja Utara.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here