Ditunjuk Partai Nasdem, Rinto Tetap Jalin Komunikasi Politik untuk Pilbup Toraja Utara

547
0
Wakil Gubernur Sulawesi Selata Andi Sudirman Sulaiman (kanan) bersama Wabup Toraja Utara Yosia Rinto Kadang (kiri).

Updatekareba.Com, Toraja – Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, sekaligus ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan mendapatkan surat rekomendasi dari pengurus DPP partai untuk bertarung pada Pilbup Toraja Utara sebagai Calon Bupati Toraja Utara di Pilkada 2020.

Dalam surat itu, partai meminta Rinto yang berpasngan dengan Yonathan Pasodung sebagai Calon Wakil Bupati Toraja Utara untuk menggalang komunikasi politik koalisi dengan partai lain guna menghadapi pemilihan bupati dan wakil bupati Toraja Utara.

“Salah satu isi surat rekomendasi ini adalah perintah partai untuk jalin komunikasi politik dengan semua partai atau koalisi dengan partai besar yang punya suara kursi keterwakilan dewan,” tutur Yosia Rinto Kadang, Sabtu (4/7/2020).

Di pileg 2019, Rinto mampu mendongkrak suara partai Nasdem dan mengantarkan 6 kader terbaik duduk di kursi di DPRD Toraja Utara

“Sebelum pengumuman pendaftaran paslon dari penyelenggara pemilu. Kami tetap komunikasi politik dengan parpol lain. Untuk hasilnya segera kami laporkan ke DPP pusat lewat DPW Nasdem,” jelasnya.

Regulasi penyelenggaraan pemilu menyebutkan persyaratan pengusungan pasangan calon pilkada serentak 2020, paslon harus memenuhinya syarat minimal 20 persen suara keterwakilan kursi dewan daerah atau 6 kursi parpol. Untuk itu, partai Nasdem sendiri dapat memuluskan langkah Rinto – Pasodung maju sebagai pasangan calon bupati atau wakil bupati Toraja Utara.

Untuk itu, Rinto dan Yonatan dengan tagline RINDU membuka komunikasi untuk koalisi dengan ppartai PDI Perjuangan, Gerindra, Hanura, Demokrat, Perindo, dan PKPI.

Untuk berkoalisi dengan partai Gerindra dan PDI Perjuangan masih terbuka, karena kedua partai ini belum mengumumkan kandidat nama-nama bacalon hasil penjaringan terbuka.

“Tidak tutup kemungkinan Nasdem juga berkoalisi dengan beberapa partai, termasum partai PSI untuk Toraja Utara Terdepan,” sambung Rinto.

Peraturan komisi pemilihan umum RI (perkpu RI) tahun 2020 nomor 05 terbaru tentang tahapan, progam dan jaduwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, pendaftaran pasangan calon dimulai tanggal 28 Agustus – 3 September 2020 dan Pendaftaran pasangan calon tanggal 3 – 6 September 2020.

Sementara Sekertaris DPW Partai Nasdem Sulawesi Selatan, H Syaharuddin Alrif, juga memastikan rekomendasi untuk Pilkada Toraja Utara jatuh ke pasangan Yosia Rinto Kadang dan Yonathan Pasodung.

“Kami pastikan pak Rinto dan Pak Yonathan yang dapatkan rekomendasi model KWK-1 dari Nasdem,” ungkap Syaharuddin Alrif.

Hingga saat ini baru pasangan Rinto – Pasodung ini yang sudah dapat dipastikan maju dalam Pilkada Toraja Utara, setelah syarat usungan dukungan partai mencukupi 6 kursi.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here