Fotografer Muda Asal Toraja Ini Masuk Jawara Lomba Foto Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla

1394
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja – Panitia Lomba Foto Wakil Presiden, HM Jusuf Kalla, bertajuk “Dari Timur Membangun Indonesia” akhirnya resmi mengumumkan pemenang lomba untuk kategori jurnalis dan umum.

“Setelah melalui seleksi yang cukup panjang, juri memutuskan dari ratusan foto yang dikurasi diumumkan enam pemenang masing-masing tiga dari dua kategori Jurnalis dan umum,” sebut Ketua Panitia Lomba, Idham AMA di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip dari Fajar.Co.Id., Minggu (9/6/2019) siang.

Salah satu jawara lomba ini untuk kategori umum diraih fotografer asal Toraja Utara, Zulkifli Sukarta

“Alhamdulillah, dapat Juara Harapan 3, dan saya bersyukur sekali,” kata Zulkifli Sukarta.

Foto Zulkifli yang diabadikan ini saat kunjungan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, ke objek wisata Negeri Diatas Awan puncak Lolai Kabupaten Toraja Utara pada tahun 2016 lalu.

“Hadihnya lumayan, dan sempat kaget juga”, tambah Zulkifli yang juga anggota Himpunan Pemuda Muslim Toraja Utara (Hipmus).

Dari media sosial Instagram (IG) resmi panitia pelaksana @lombafoto.jusufkalla berhadiah total Rp100 juta.

Lomba foto ini diselenggarakan organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar. Ada 445 foto dari berbagai daerah di Indonesia ikut berpartisipasi.

Kategori jurnalis dengan jumlah foto terkumpul sebanyak 180 karya foto dari 49 jurnalis yang berasal dari media cetak dan online. Sementara kategori umum, terkumpul sebanyak 235 karya foto dari 75 fotografer di seluruh wilayah Indonesia.

Semua foto diseleksi tim dari pewarta foto senior seperti Tawakkal Basri (Harian Fajar), Ketua PFI Makassar Ocha Alim Bahri (Harian Tribun Timur) serta Ketua PFI Pusat Lucky Pransiska (Harian Kompas) dan Fotografer Istana Wakil Presiden Jeri Wongiyanto.

Rencananya, Pameran Foto akan menampilkan 77 foto terbaik Wapres JK sekaligus dibukukan dalam sebuah buku yang dipersembahkan untuk JK. Buku foto ini akan dilaunching langsung oleh Wapres bersamaan dengan pembukaan pameran foto di Mal Nipah, Makassar.

Lomba foto tersebut dimulai 1 Maret hingga 15 April 2019 ini sebagai bentuk dedikasi terhadap karya foto termasuk memberikan persembahan Hari Ulang Tahun kepada HM Jusuf Kalla yang akan berusia 77 tahun serta akan berakhirnya masa tugas sebagai Wakil Presiden RI di tahun ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here