GOLKAR BUKA PENDAFTARAN CAKADA SERENTAK 2020, IJAZAH BACALON DIPERIKSA

278
0
Pendaftara Cakada DPD II Partai Golkar Toraja Utara, Sabtu (21/9/2019).

Updatekareba.Com, Toraja — Dewan Pimpinan Pusat (DPD) Partai Golkar, menginstruksikan seluruh DPD II yang ikut menggelar Pilkada serentak tahun 2020 untuk segera melakukan penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Hal tersebut, disampaikan Ketua Tim Penjaringan Cakada DPD II Partai Golkar Toraja Utara, Calvin Parapak Tondok yang menyebutkan proses pendaftaran di DPD II digelar selama 7 hari, dimulai 21 hingga 27 September 2019.

“Kita sudah disampaikan ke DPD I dan DPP, untuk melakukan penjaringan mulai 21 sampai 27 September 2019,” tutur Calvin Parapak Tondok, saat pembukaan pendaftaran Cakada Golkar Toraja Utara, Sabtu (21/9/2019).

Calvin menyebutkan, proses penjaringan dilakukan setiap DPD II. Bahkan kata dia, untuk pilkada serentak 2020, partai Golkar akan memberi ruang yang sama terhadap kandidat calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, apakah itu kader internal maupun kader eksternal partai.

“Semua kandidat yang mendaftar posisinya sama, apakah kader internal maupun eksternal, tapi Golkar akan memprioritaskan kader yang memiliki kontribusi besar terhadap partai Golkar di semua even politik,” jelas Calvin.

Dan mereka yang telah mendaftar di DPD II, selanjutnya akan mengikuti seleksi wawancara di DPD I, sebelum nantinya kandidat dikirim ke DPP untuk diputuskan dan direkomendasikan bertarung di pilkada menggunakan kendaraan partai Golkar.

Pada kesempatan ini Tim penjaringan Golkar Toraja Utara menekankan syarat Lampiran ijazah asli dari semua tingkatan pendidikan calon pendaftara.

“Salah satu point utama syarat jika pendaftar di Golkar yakni ijazah harus jelas, karena tim Golkar akan cross cek secara detail dan lengkap,” tegas Calvin yang juga sebagai Bendahara Partai Golkar Toraja Utara.

Pada hari pertama pembukaan pendaftaran Bupati Petahan Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menjadi pendaftar pertama, disusul Sindra Maraya Bangri, dan Yohanis Bassang.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Toraja Utara Frederik Victor Palimbong memastikan partainya tetap membuka mekanisme pendaftaran.

“Prosesnya tetap. Jadi Golkar sekarang ini mekanismenya ada pendaftaran, kemudian ada survei,” ujar politisi yang akrab disapa Dedi Palimbong.

Pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah ini membuka peluang semua pihak untuk mendaftar melalui Partai Golkar. Asalkan survei elektabilitas dan popularitas di masyarakat bagus, partai pimpinan Airlangga Hartarto itu siap mengusungnya.

“Kalau ada kader internal surveinya bagus, ya itu yang kami utamakan. Kami utamakan kader. Tp tentu yang bisa menang dan elektabilitasnya bagus,” kata Dedi Palimbong.

Tahapan Pilkada 2020 Toraja Utara sendiri baru dimulai awal tahun depan. Tapi sejumlah partai sudah mulai melakukan penjajakan, bahkan ada yang telah membuka pendaftaran.

Di Sulawesi Selatan, setidaknya ada 12 kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak tahun depan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here