GUBERNUR SULSEL DAN BUPATI TORAJA UTARA SIDAK PROYEK JALAN POROS RANTEBUA-LUWU

287
0
Gubernur SulSel Nurdin Abdullah (kanan) dan Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan (kiri) saat meninjau proyek Jl. Poros Bua - Toraja, Rabu (21/8/2019).

Updatekareba.Com, Toraja – Toraja Utara- Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Ir. H.M Nurdin Abdullah, M.Agr dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, ST melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Toraja Utara.

Tiba di Toraja Utara, Rabu (21/08/2019) siang, Gubernur Sulsel langsung menuju Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara untuk memantau pengerjaan jalan provinsi yang menghubungkan antara Toraja Utara dan Luwu didampingi rombongannya sedangkan posisi Wagub masih berada di Tana Toraja dalam kunjungan kerjanya juga.

Hadir juga Bupati Toraja Utara DR. Kalatiku Paembonan, M. Si, Kadis PU Provinsi Sulsel, Kabag Humas dan Protokol Provinsi Sulsel, Camat Rantebua Elias Madi, Sekretaris Kominfo-SP Torut Anugerah Y. Runnupadang dan beberapa stakeholder terkait lainnya mendampingi gubernur dalam kunjungan kerjanya ini.

Disela-sela kesibukannya Nurdin Abdullah mengatakan dengan akses pembangunan yang memadai tentu dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat, apa yang tak bisa dikerjakan di kabupaten/kota maka kewenangan provinsi untuk membantu.

“Sejak dulu masyarakat di Rantebua khusunya di sekitar wilayah Bastem ini mengharapkan pembenahan infrastruktur seperti ini. Sebab melalui peningkatan infrastruktur jalan ini akan membuka rantai ekonomi bagi masyarakat di Bastem ini. Sebab mudahnya akses untuk mendistribusikan dagangan mereka entah itu ke Toraja atau ke Luwu”, kata Nurdin Abdullah.

NA Diharapkan bulan desember tahun 2019 beberapa jalan yang telah dikerjakan di kabupaten toraja utara seperti jalan yang menghubungkan antara Toraja Utara dan Luwu bisa tuntas dan pada bulan januari 2020 sudah bisa ber operasi dan jika perlu awal tahun sudah bisa tembus overlay.

“Perlu diketahui bahwa ini merupakan akses mempermudah dua hingga tiga kabupaten yaitu Toraja Utara, Luwu dan Palopo dimana aksesnya lebih cepat, tidak ekstrim dan jalannya lebih luas”, jelasnya

Gubernur SulSel juga mengungkapka Ini merupakan beberapa kolaborasi antara beberapa kabupaten yang saling menopang dalam menumbuhkan masing-masing perekonomian.

” Dan menumbuhkan rantai pendapatan masyarakat dimana orang yang berwisata di toraja tak hanya dapat mengunjungi toraja namun bisa ke Luwu atau Palopo dan sebaliknya”, kunci Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here