Hardiknas Tahun 2020 “Belajar Dari Covid-19”

161
0
Handover.

Updatekareba.Com, Jakarta -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) keluarkan Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Pedoman Nomor : 42518/MPK.A/TU/2020 yang ditandatangani oleh Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 29 April 2020 yang ditujukan kepada Menteri Agama RI, Duta Besar/Kepala Perwakilan Indonesia di Luar Negeri, Gubernur, Bupati/Wali Kota, Pimpinan Unit Utama di Lingkungan Kemendikbud, Rektor Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, Kepala Unit Pelaksana Teknis Kemendikbud, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota, Kepala Satuan Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri.

Sebanyak tiga poin yang dimuat dalam surat pedoman tersebut, yakni tentang Upacara Bendera, Tema dan Logo Peringatan, dan Ragam Aktivitas.

Upacara bendera yang pada tahun sebelumnya wajib diselenggarakan oleh kantor instansi pusat dan daerah, setiap satuan Pendidikan, serta kantor perwakilan RI di Luar Negeri  dalam peringatan Hardiknas 2020 ditiadakan oleh Kemendikbud.

Namun pihak Kemendikbud sendiri tetap melaksanakan upacara bendera peringatan Hardiknas 2020 pada tanggal 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas, dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat dan kehidmatan acara.

Dalam hal ini Kemendikbud menghimbau instansi pusat dan daerah, setiap satuan Pendidikan, serta kantor perwakilan RI di Luar Negeri agar mengikuti jalannya upacara tersebut melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah/tempat tinggal masing-masing.

Namun dalam pelaksanaannya, agar berjalan dengan meriah, maka pihak Kemendikbud juga menghimbau kepada pihak terkait untuk turut memeriahkan peringatan tersebut melalui media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema, atau memasang MLR Backdrop, Spanduk serta umbul-umbul.

Adapun Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 adalah Belajar Dari Covid-19. (&/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here