Hari Anti Narkotika International 2020, BNNK Tana Toraja Ringkus Dua Warga Toraja Utara

136
0
Handover (Humas BNNK Tana Toraja)

Updatekareba.Com, Toraja – Jelang Perayaan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020, tepatnya pada Pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020 sekira pukul 15.15 wita, BNNK Tana Toraja telah melakukan penangkapan terhadap dua orang laki-laki yang melakukan Tindak Pidana Narkotika Jenis Ganja di Jln Pongtiku, Karassik, Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Berdasarkan informasi yang berasal dari masyarakat, Tim Pemberantasan BNNK Tana
Toraja melakukan penyelidikan mendalam terhadap jaringan peredaran narkotika jenis ganja di Rantepao, Toraja Utara.

Sekitar Pukul 15.15 wita Tim Pemberantasan berhasil mengamankan seseorang laki-laki yang bernama SL di warung makan di Jln. Pongtiku Rantepao.

Selanjutnya Tim Pemberantasan melakukan penggeledahan terhadap lelaki SL dan ditemukan 3 (tiga) sachet plastik berisi daun kering Narkotika Golongan I Jenis Ganja di bawah meja warung makan, satu lembar uang pecahan uang Rp 50.000,00 serta satu unit handphone.

Tim Pemberantasan kemudian melakukan introgasi di TKP terhadap lelaki SL, dirinya
mengakui bahwa 3 (tiga) sachet plastik berisi daun kering Narkotika Golongan I Jenis Ganja tersebut diperoleh dari lelaki yang bernama RR.

Tim Pemberantasan segera melakukan pengembangan dan mencari keberadaan lelaki RR.

Tidak butuh waktu lama, sekitar pukul 15.25 wita Tim berhasil mengamankan seseorang lelaki yang bernama RR di Jln Poros Makale – Rantepao, Dusun Pao, Kelurahan Rinding Batu, Kecamatan Kesu, Kabupaten Toraja Utara.

Setelah dilakukan penggeledahan terhadap RR, ditemukan kembali satu sachet plastik berisi daun kering diduga Narkotika Golongan I Jenis Ganja, tiga lembar uang pecahan uang Rp 50.000,00 dan satu unit Handphone.

Tim Pemberantasan selanjutnya mencari keberadaan orang yang menyerahkan narkotika
kepada RR yaitu lelaki AN.

Tim mencari keberadaan AN berdasarkan informasi yang diberikan oleh RR, namun saat akan diamankan AN berhasil melarikan diri setelah sebelumnya menabrak
salah satu anggota Tim menggunakan sepeda motor.

Tim pemberantasan akan terus melakukan pencarian terhadap AN dan telah masuk ke dalam DPO BNNK Tana Toraja.

Para pelaku diancam dengan Pasal 114 ayat (1) dan Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman minimal 4 (empat) Tahun penjara.

Dalam kesempatan press rilis Kepala BNNK Tana Toraja, AKBP Dewi Tonglo mengucapkan selamat Hari Anti Narkotika Internasional 2020.

“Puji Tuhan kita sampai di titik in om malam melalui berbagai macam ujian dan cobaan kehidupan baik secra pribadi maupun secara nasional kita melwati masa pandemi covid 19 sampai saat nimasih di beri kesehtan rekan2 kita patut bersyukur bahwa kita pribadi lewat pribadi bersma keluarga tetap sehat dan produktif dalm kehidupan kita masing – masing dan menghasilkan kebahagian seperti yang kita alami saat ni memperingati hari anti narkotika internasional HANI 2020 ini menyangkut tema Hidup 100% Sadar,sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” kata AKBP Dewi Tonglo

Dewi menjelaskan ini sesuai dengan misi dan visi masyarakat dunia yangg prihatin terhadao korban penylhgunaan narkoba yang mengorbankan bnyak anak muda mati sia – sia diusia belia produktif banyak yangg mendapat kesemptan rehabilitasi dan malah jatuh kedalam sindikat bandar narkotika.

“Banyak ptugas yang gugur dalam tugas dengan cartel narkoba khusus untuk toraja di masa pandemi ini hati kecil saya berharap perdran gelap narkoba akan menurun karena jalur transportasi di jaga ketat tetap ternyata kita masih bisa menangkat dan mengungkap jaringan ganja aceh, saya sebagai kepala BNNK berharap masyarakay jika sudah menjadi pecandu lebih baik datang ke BNNK agar bisa di rehabilitai daripada ditangkap dgn BB yang tisakk seimbang tapi harus mendekam dipenjara 4-5 thn minimal,”ucap Dewi

“Ayo masyarakat TT dan gen muda sangtorayan kita hidup 100% sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba,” ajak Kepala BNNK Tana Toraja.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here