HUT Kemerdekaan RI Ke – 75, Ini Pesan Yosia Rinto Kadang

330
0
Wabup Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang.

Updatekareba.Com, Toraja – HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, mengajak seluruh masyarakat Toraja Utara untuk menggugah rasa nasionalisme.

Rinto mengatakan, peringatan Hari Kemerdekaan yang kali ini bertema “Indonesia Maju”, dilakukan dengan sederhana dan secara virtual. Pasalnya, saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi covid-19.

“Suasana HUT RI ke-75 tahun ini memang paling berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita harus mampu beradaptasi, tanpa mengurangi esensi kemerdekaan,” katanya, Senin (17/8/2020).

Rasa nasionalisme, menurutnya, tidak harus diungkapkan dengan kegiatan seremonial, apalagi selama masa pandemi ini. Yang terpenting, ia mengajak seluruh warga Toraja Utara memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai profesi masing-masing.

“Kalau jadi petani, jadilah petani yang baik. Kalau jadi dokter jadilah dokter yang baik, kalau jadi pegawai negeri, berikan yang terbaik pada masyarakat. Begitu seterusnya. Berikanlah yang terbaik untuk negeri sesuai profesi masing-masing. Itulah cara kita menghargai jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan,” pesannya.

Rinto juga mengingatkan, meskipun RI telah merdeka sejak 75 tahun silam, namun penjajah selalu mengintai di sekitar masyarakat yakni kemiskinan, kebodohan, penyalahgunaan narkoba serta dampak negatif teknologi.

Rinto pun meminta agar momentum kita untuk HUT RI yang ke 75 ini juga tetap menjalin dalam memperkuat daripada rasa persatuan dan kesatuan kita.

“Jangan sampai terjadi suatu perpecahan bahwa kita harus membina dari pada rasa persatuan dan kesatuan kita,”ucap Rinto

Lanjut Rinto, menuturkan dengan kondisi dari pada  covid 19 ini tetap menjadi suatu semangat bagi kita, motivasi bagi kita dan bahkan menjadi suatu lompatan kita untuk membangun bukan kita untuk bisa melemahkan kita dengan adanya covid 19 ini, tetapi harus tetap semangat untuk membangun pemerintahan Toraja Utara khususnya.

“Harapannya, dengan bertambahnya umur ini membuat kita ada suatu  pendewasaan terutama di dalam pola pikir kita apa yang saya sampaikan tadi bahwa kita tetap harus menjaga persatuan dan kesatuan bagaimanapun tantangan permasalahan yang harus kita hadapi ini maka hadapilah dengan kepala dingin dan hati yang sejuk,”katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here