Indahnya Toleransi dan Gema Takbir Menyambut Idul Fitri 1440 H di Toraja Utara

1231
0
Pawai obor malam takbiran depan Gereja Toraja Jemaat Rantepao, Toraja Utara, Selasa (4/6/2019) / (foto by. Zul)

Updatekareba.Com, Toraja – Malam takbiran ada banyak makna dan pesan yang diusung dalam perayaan menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (4/6/2019).

Pawai obor yang diselenggarakan Himpunan Pemuda Muslim Toraja Utara (Hipmus) yang diikuti ratusan muslim berlangsung meriah dan khusyuk.

Pawai yang mengambil rute dari depan Masjid Agung Rantepao melewati kantor pusat Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja, dan Gereja Toraja Jemaat Rantepao.

Hal ini tentunya membuka mata semua bahwa inilah toleransi yang sesungguhnya. Bahwa di daerah Toraja Utara sikap hormat-menghormati, menghargai antar umat beragama masih terjaga baik.

Pawai obor ini menjadikan malam takbiran di Pusat ibu Kota Toraja Utara ini begitu bermakna menyambut hari raya Idul Fitri yang berlangsung pada Rabu, 6 Juni 2019.

Ketua Hipmus Helmy Jahid
mengatakan, pawai obor ini merupakan yang pertama kalinya diadakan di Toraja Utara.

“Untuk kali ini kita ambil rute yang singkat dengan menghadirkan anak-anak dalam pawai obor ini. Tapi, tidak menutup kemungkinan juga bagi orang dewasa,” ujar Helmy.

Soal pengamanan sendiri, imbuh dia, pihaknya bekerja sama dengan Polres Tana Toraja, Kodim 1414 Tana Toraja, Satpol PP dan Dishub Toraja Utara untuk membantu pengamanan pawai obor ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here