Indonesia Memiliki Atol Terbesar Ketiga di Dunia

143
0
Handover.

Updatekareba.Com, Selayar – Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) memiliki karang atol terbesar ketiga di dunia yaitu setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall, dan Suvadiva di Kepulauan Moldiva.

Luas atol tersebut sekitar 220.000 hektare. Kawasan TNTBR ini memiliki ciri dimana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dengan rataan terumbu karang yang luas dan tenggelam.

Secara umum terdapat tiga bentuk tipe terumbu karang yang berada di TN Taka Bonerate, yaitu terumbu karang penghalang (barrier reef), terumbu karang tepi (fringing reef) dan atol.

Beberapa lokasi yang ditemui memiliki tipe kontur drop off membentuk dinding (wall) seperti di Pulau Latondu, Taka Lasalimu, Taka Sirobe, Taka Balanda, Jinato Wall, Taka Taburi, dan Taka Kumai.

Umumnya lokasi-lokasi tersebut memiliki tingkat kecerahan perairan yang baik sehingga banyak dijadikan sebagai lokasi kegiatan wisata selam maupun wisata pantai.

Salah satu nilai penting ekologi kawasan TN Taka Bonerate adalah area penyebaran larva yang menjadi sumber pakan barbagai jenis ikan dan biota laut yang dijumpai disepanjang gugusan karang atol berdasarkan peta sebaran larva di Kabupaten Kepulauan Selayar dan pulau-pulau sekitarnya.

Atol TN Taka Bonerate tak hanya indah namun memiliki peranan penting untuk ketahanan pangan perikanan untuk area sekitarnya, kalau rusak ini bisa berdampak global.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here