INDONESIA TUAN RUMAH PERTEMUAN ATOM KE-8 COOPERATIVE AVIATION SECURITY PROGRAMME ASIA PACIFIC (CASP-AP)

81
0
Handover.

Updatekareba.Com, Bali –Bekerjasama dengan International Civil Aviation Organization (ICAO),
Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyelenggarakan “The Eighth Annual Technical and Operational Meeting (8th ATOM) of The Cooperative Aviation Security Programme – Asia Pacific (CASP-AP), berlangsung selama 2 (dua) hari, di Kuta Bali, (5-6/20)

Forum ATOM ke 8 ini dibuka oleh Direktur Keamanan Penerbangan Moh Alwi. Membacakan
Sambutan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Alwi menyampaikan bahwa “pertemuan ini diadakan untuk bertukar pandang terkait isu-isu teknis dan operasional termasuk tantangan yang dihadapi di bidang keamanan penerbangan guna mengidentifikasi kesamaan kondisi antara negara-negara anggota di kawasan Asia Pasifik”.

Forum ATOM merupakan pertemuan yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali yang bertujuan untuk meninjau sejauh mana negara-negara anggota CASP-AP mengimplementasikan ICAO Global Aviation Security Plan (GASeP) dan the Asia and Pacific (APAC) Roadmap dan mengidentifikasi tantangan-tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikannya.

Forum ATOM ke-8 ini dihadiri oleh negara-negara anggota CASP-AP seperti Bangladesh, Bhutan, Cambodia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Korea, Singapore Vietnam, dan lain-lain, dan juga dihadiri oleh negara-negara mitra CASP-AP seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris serta Association of Asia Pacific Airlines dan International Air Transport Association for Asia Pacific.
Sedangkan delegasi Indonesia dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Keamanan Penerbangan, Otoritas Bandar Udara, Operator Bandar Udara, Airlines dan Airnav Indonesia.

Alwi menambahkan bahwa pertemuan ATOM ke-8 tidak hanya dihadiri senior-senior di bidang keamanan penerbangan yang kaya pengalaman dan berkompeten, akan tetapi forum ini juga merupakan kolaborasi dan diskusi yang baik dan bermanfaat untuk mengatasi tantangan-tantangan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh negara-negara anggota CASP-AP dan juga negara-negara mitra CASP-AP.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memberikan apresiasi kepada ICAO CASP-AP yang telah memberikan kesempatan kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah pada ATOM ke 8.

Untuk diketahui, sejak terbentuknya CASP-AP di Tahun 2004 sampai dengan sekarang, program ini secara konsisten telah menyediakan dukungan dan bantuan kepada negara-negara anggota ICAO di kawasan Asia Pasifik, untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan rekomendasi ICAO (ICAO Standards and SARPs) serta panduan ICAO lainnya yang terkait dengan keamanan penerbangan dan meningkatkan kapabilitas negara anggota di bidang keamanan penerbangan dan fasilitasi.

“Forum ATOM ke-8 ini diharapkan akan melahirkan rekomendasi-rekomendasi terkait kebutuhan asistensi yang perlu disediakan oleh CASP-AP untuk mendorong negara-negara di kawasan Asia Pasifik agar memiliki kapabilitas keamanan penerbangan yang kuat”, tutup Alwi.(*/UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here