Ini Capaian P4GN BNNP SulSel Tahun 2021, 172 Klien Telah Direhabilitasi

226
0

Updatekareba.Com, Makassar – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Press Release Akhir Tahun 2021 Capaian Kinerja BNNP Sulsel yang dilaksanakan pada hari Selasa 28 Desember 2021 bertempat di ruang rapat kantor BNNP Sulsel Jl.Manunggal 22 Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.

Dalam press realess dihadapan para awak media tersebut di hadiri oleh Kabag Umum BNNP Sulsel Sudarianto,SKM.M.Kes, didampingi Analis Kepegawaian Ahli Muda BNNP Sulsel Basri,S.Pi.

Sebelum kegiatan press realess tersebut Kepala Bagian umum memaparkan tentang siuasi dan kondisi serta capaian capaian kinerja BNNP Sulsel dalam program P4GN disepanjang tahun 2021.

“Kegiatan ini dalam rangka menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait capaian kinerja Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) sepanjang tahun 2021,” jelas Kepala Bagian Umum .

Adapun upaya-upaya yang dilaksanakan BNNP Sulsel secara komprehensif dan berkesinambungan yang diimplementasikan secara seimbang antara pengurangan pasokan (supply reduction) melalui Upaya Pemberantasan, dengan pengurangan permintaan (demand reduction) melalui Upaya Pencegahan dan Rehabilitasi.

Menekan supply reduction, BNNP Sulsel bersama stakeholder terkait di tahun 2021 sepanjang bulan Januari sampai dengan Desember 2021 sebanyak 14 Laporan Kasus Narkotika (LKN) sebagai berikut, Target Berkas Perkara 15 berkas, Pencapaian berkas perkara Narkotika sebanyak 20 berkas, Dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum P21 jumlah 18 berkas, Proses sidik sebanyak 3 Berkas, Asessmen Terpadu 420 TSK serta Vonis Rehabilitasi 62 Orang.

Sedangkan demain reduction melalui upaya pencegahan dalam Januari sampai dengan bulan Desember 2021, BNNP telah melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba melalui,tatap muka kepada 5429 orang yang meliputi Lingkungan pelajar dan mahasiswa sebanyak 868 pelajar, Lingkungan pekerja Pemerintah sebanyak 495 orang, Lingkungan masyarakat sebanyak 4066 serta Deteksi dini penyalahguna Narkotika melalui tes urine, juga telah dilaksanakan dan tercatat dengan Januari sampai Desember sebanyak 2.758 orang, yang positif 4 orang dan negative 2754 orang.

Disamping melaksanakan pemberantasan dan pencegahan, BNNP Sulsel juga terus berupaya melakukan pemulihan bagi para pecandu dan penyalahguna dari ketergantungannya terhadap Narkotika.

Tercatat dari Januari sampai dengan Desember 2021, Jumlah penyalahguna narkoba yang asesmen di BNNP Sulawesi Selatan sebanyak 172 orang Klien. Jumlah Klien yang direhabilitasi rawat jalan di Sulsel 105 orang, Sebanyak 163 klien direhabilitasi di BNNP Sulawesi Selatan dan Jumlah klien direhabilitasi di Mitra BNN Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 58 klien.

Di akhir kegiatan Kepala bagian Umum BNNP Sulsel Sudarianto,SKM.M.Kes mengajak rekan rekan media cetak, online dan elektronik untuk berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tetang bahaya penyalahguna narkoba dan agar tidak takut untuk direhabilitasi, bagi pengguna narkoba jika melaporkan diri secara sukarela di BNNP Sulsel maka tidak akan dipidana.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here