Ini Contoh Peran Serta Masyarakat Ikut Membangun Di Toraja Utara

1097
0
Handover.

Updatekareba.Com, Toraja — Contoh yang layak jadi panutan dilakukan warga Bokin, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, yang bergotong-royong membangun (pengecoran) jalan poros Tombang Lambe’ – Bamba – Pa’tambenan.

Jalan poros yang menghubungkan beberapa lembang dan kelurahan di Kecamatan Rantebua ini rusak parah di beberapa titik, sehingga menyulitkan mobilitas warga, apalagi saat musim hujan.

Pengurus PA’misaran To Bokin Haryanto bombang Rante Tandung memgatakan kegiatan gotong royong ini sudah memasuki hari ke kedelapan sejak dimulai tanggal 30 Juli 2019 lalu.

“Kegiatan kami berupa pengecoran sepanjang 140 meter dengan anggaran Rp. 115 juta dari swadaya masyarakat Bokin dan Pitung Penanian yang ada di perantauan maupun yang berdomisili di kampung (Sang Bokinan).,” kata Haryanto bombang Rante Tandung.

Pembangunan jalan poros Tombang Lambe’ – Pa’tambenan ini merupakan aksi kedua dari Gerakan Peduli Kampung (pa’misaran to Bokin Pitung Penanian). Tahun lalu, aksi serupa juga dilaksanakan.

“Pa’misaran To Bokin atau keluarga besar sangbokinan pitung penanian, merupakan gerakan membangun kampung di motori oleh perantau dan penduduk Sangbokinan menyumbangkan materi berupa uang, semen, pasir, kerikil dan lain – lain untuk pengecoran jln poros pongdatte/tunuan londong,” ungkap Haryanto.

Heryanto juga menjelaskan Gerakan Membangun Kampung Sangbokinan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan terhadap kondisi jalan di Bokin.

Handover.

“Kegiatan sosial seperti ini akan terus kita galakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kemajuan kampung halaman,” tambah Haryanto bombang Rante Tandung.

Aksi gotong royong membangun kampung ini sudah sangat jarang dilakukan di wilayah Toraja, dengan kegiatan ini dapat memberikan kita contoh bukan hanya Pemerintah yang harus membangun, namun masyarakat pun harus terlibat dan mengambil peran dalam membangun daerah.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here